Harga BBM Pertamax dan yang Lain Naik Usai Pemilu, Alasannya Apa?

Harga BBM Pertamax dan yang Lain Naik Usai Pemilu, Alasannya Apa?

Harga BBM Pertamax Dan Yang Lain Dimahalkan Usai Pemilu, Alasannya Apa?--pertamina

BACA JUGA:BMW G310 R dan G 310 GS Jadi Murah, Simak Penjelasannya

Salah satu alternatif yang diperhitungkan adalah memberikan subsidi kepada sektor transportasi publik atau kendaraan angkutan barang, agar kenaikan harga BBM tidak terlalu memberatkan konsumen akhir.

“Kalau saya cermati harga minyak dunia naik lagi, jadi kayaknya (naik) mau ke sana, karena intensitas timur tengah masih tinggi juga yang mengganggu logistik, jadi yah terpengaruh,” ujarnya di Jakarta 20 Februari 2024.

“Jadi memang perlu dicermati, saya setuju (naik) karena harga minyak cenderung naik terus,” sambungnya 

Berbagai upaya preventif juga diperlukan untuk menghindari dampak yang lebih buruk akibat kenaikan harga BBM nonsubsidi. 

BACA JUGA:Terpantau Sejumlah Motor Nekat Lawan Arah di Jalan Martadinata, Ancol Timur

Pemerintah harus melakukan langkah-langkah antisipatif yang melibatkan berbagai pihak terkait, mulai dari produsen BBM, distributor, hingga konsumen.

Di sisi lain, masyarakat juga harus bijak dalam menghadapi kenaikan harga BBM nonsubsidi ini. 

Meningkatkan efisiensi penggunaan BBM dan mencari alternatif transportasi yang lebih ramah lingkungan adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan sebagai respons atas kenaikan harga BBM.

Sebagai informasi, kenaikan PBBKB Pemerintah Provinsi DKI jakarta tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Provinsi DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, yang diteken oleh Pejabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, pada 5 Januari 2024. 

BACA JUGA:Peugeot Motorcycle Indonesia Ikut Mejeng di IIMS 2024, Django Limited Edition 150

Merujuk Pasal 24 Ayat (1) Perda Provinsi DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2024 disebutkan bahwa wajib pajak bahan bakar 10 persen ini berlaku untuk kendaraan pribadi.

Pada akhirnya, kenaikan harga BBM nonsubsidi seperti Pertamax dan jenis bahan bakar lainnya merupakan dampak dari kondisi global yang tidak dapat dihindari. 

Pemerintah dan masyarakat perlu bekerja sama untuk menemukan solusi terbaik agar kenaikan harga BBM tidak mengganggu stabilitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. 

Sinergi antara pemerintah, pelaku industri, dan masyarakat merupakan kunci utama dalam mengatasi masalah kenaikan harga BBM ini. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: