Perawatan Slipper Clutch Yamaha: Oli Mesin Sangat Penting!

Perawatan Slipper Clutch Yamaha: Oli Mesin Sangat Penting!

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Produk Yamaha Indonesia sudah ada yang menggunakan fitur Assist & Slipper Clutch dari Yamaha Vixion 150 terbaru, Vixion R, YZF155 series dari R15 V3, R15 Connected, R15M, MT15 dan XSR155.

Fitur Assist membuat pengoperasian kopling sangat ringan sehingga pengendara semakin nyaman ketika mengoperasikan kopling.

Sementara fitur Slipper Clutch membuat perpindahan gigi lebih halus dan akselerasi lebih cepat. Konsumen yang menggunakan teknologi Assist & Slipper Clutch akan merasa exciting dengan sangat responsifnya mesin baru ini.

BACA JUGA:Ini Dia Canggihnya Yamaha R15 Connected Dark Knight Edition

Perpindahan gigi dapat dilakukan dengan mudah bahkan ketika motor sedang dalam akselerasi maksimum.

Pentingnya manfaat Assist & Slipper ini juga membutuhkan perawatan yang harus diperhatikan konsumen dengan uraian sebagai berikut: 

Perawatan Slipper Clutch Yamaha

Assist & Slipper Clutch dari Yamaha Vixion 150 terbaru, Vixion R, YZF155 series dari R15 V3, R15 Connected, R15M, MT15 dan XSR155 merupakan kopling basah yang terendam oli mesin, maka lakukanlah penggantian oli mesin sesuai perawatan berkala, jadi jangan sampai jarang mengganti oli.

Manfaat oli mesin untuk kopling selain untuk melumasi komponen kopling, juga sebagai pendingin karena gesekan kampas kopling. Kurangnya kapasitas oli atau buruknya kualitas oli akan menyebabkan fungsi kopling terganggu dan kampas kopling cepat aus.

Selain itu, setingan free play tuas kopling harus sesuai spesifikasi atau standar pabrikan. Karenanya jika tidak sesuai, lakukan pengaturan free play kopling di bengkel resmi. Standar free play tuas kopling YAMAHA R15 V3.0  adalah 10 – 15 mm.

Jika free play terlalu kecil maka tarikan kopling terasa lebih keras, sedangkan jika free play terlalu besar maka jangkauan jari justru semakin dekat, efeknya kopling tidak tertarik sempurna, sama seperti setengah kopling.

Setingan free play yang tidak sesuai standar pabrikan dapat membuat pengoperasian terganggu dan mempengaruhi kenyamanan berkendara.

BACA JUGA:Komunitas Retro Yamaha Meriahkan XSR 155 Motoride di Surabaya

Mudah bukan perawatan Assist & Slipper Clutch dari Yamaha Vixion 150 terbaru, Vixion R, YZF155 series dari R15 V3, R15 Connected, R15M, MT15 dan XSR155  .. Pastikan ganti oli mesin secara rutin dan jaga jarak main kopling jangan sampai terlalu dangkal.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: