Yuk Ketahui Ini Fungsi Throttle Body Motor & Komponennya

Yuk Ketahui Ini Fungsi Throttle Body Motor & Komponennya

BACA JUGA:Semakin Bertenaga, Inilah Tips Merawat Motor Sport Agar Tetap Prima

Baru nyalakan mesin dan nyalakan pedal gas hingga 4000 rpm atau 5000 rpm. Maka semua kotoran yang menempel akan keluar melalui saluran gas buang. Tandanya adalah asap hitam mengepul melalui knalpot

Tanda-Tanda Kerusakan Throttle Body Sepeda Motor

Selain penyebab kalian juga wajib mengenal apa saja tanda kerusakan yang terjadi pada throttle body sepeda motor. Setiap ada komponen yang rusak tentu sepeda motor akan menimbulkan gejala yang bisa diamati. 

Selama gejala ini masih ringan kalian bisa segera mengecek agar diperbaiki dengan cepat dan tepat. Berikut ini apa saja tanda-tanda yang bisa dikenali. 

• Campuran BBM Berlebihan atau Terlalu Sedikit 

Kombinasi bahan bakar dan udara yang seharusnya masuk ke ruang bakar pas. Namun ketika throttle body ini bermasalah maka  BBM yang masuk bisa terlalu banyak atau justru terlalu sedikit.

Apabila bbm terlalu sedikit maka akan membuat sepeda motor kesulitan untuk berakselerasi. Mesin pun akan terasa tersendat-sendat bahkan sewaktu-waktu bisa mati pada saat mesin idle. 

Bisa juga yang terjadi adalah sebaliknya yaitu bbm jadi lebih banyak yang membuat bbm jadi boros. Apabila yang terjadi adalah bbm berlebihan pasokannya maka sepeda motor akan terasa mbrebet. 

BACA JUGA:Suzuki Skywave AN250, Motor Klasik Gaya Antik!

• Mesin yang Tidak Bertenaga 

Ciri lainnya yang bisa diamati adalah tenaga yang dihasilkan kendaraan tidak sampai titik maksimal.  Walaupun kalian sudah memacu kendaraan namun akan tetap terasa lemah tidak bertenaga. 

Oleh karena itulah pengecekan atau pembersihkan komponen ini harus dilakukan sehingga tenaga kembali normal. Jika motor sudah mulai melemah tenaganya bisa jadi salah satu tanda bahwa harus segera diservis. 

• Mesin Terasa Lebih Berat 

Aliran udara yang masuk tertutup kotoran membuatnya terlambat. Kalian akan merasakan bahwa gas terasa lebih berat. Alhasil top speed sepeda motor pun sudah mentok di angka kecil. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: