Ternyata Ini Fungsi dan Komponen Armature Pada Motor

Ternyata Ini Fungsi dan Komponen Armature Pada Motor

Tanpa adanya komponen ini, maka kumparan akan cepat rusak karena tidak ada pelindung pada bagian luarnya meskipun sudah disusun dengan sangat rapi. 

    4. Komutator

Bagian ini memiliki fungsi yang sangat besar dan penting. Komutator dibuat juga dari bahan plat tembaga dan disusun dengan rapi melingkari poros. Komutator berada di salah satu ujung poros yang terhubung dengan kumparan. 

Komponen ini terhubung dengan sikat positif dan sikat negatif. Secara umum fungsi utamanya adalah mengalirkan arus listrik dari kumparan medan atau field coil ke kumparan armature

BACA JUGA:Ngerasa Motor Kalian Boros Bensin? Buruan Cek Komponen Ini!

Arus listrik pertama akan melalui sikat positif ke sikat negatif yang akhirnya menuju ke kumparan. Dengan begitu nantinya energi listrik akan diubah menjadi energi gerak oleh kumparan. 

Tanpa adanya elemen komutator ini maka arus listrik tidak akan sampai ke kumparan tembaga pada armature. Kumparan dihubungkan ke komutator dengan cara disolder. 

Selain itu dari tiap-tiap plat pembentuk komutator terdapat mika yang fungsinya sebagai isolator. 

Apabila dilihat dengan detail, maka sebenarnya setiap segmen yang berdekatan dengan komutator itu tidaklah terhubung. Tujuannya adalah supaya arus listrik tetap dapat mengalir dalam satu arah dan mesin kendaraan bisa hidup. 

Komutator yang jadi bagian armature adalah perangkat yang sebenarnya memiliki dua fungsi.

Pertama adalah menjadi media untuk keluar masuknya arus listrik. Arus listrik masuk akan berasal dari sikat positif sedangkan arus listrik keluar melalui sikat negatif. 

BACA JUGA:Kopling Motor: Sebuah Komponen Vital dalam Dunia Otomotif

Baca Juga : 7 Penyebab Klakson Motor Mati dan Cara Memperbaikinya

Fungsi yang kedua adalah untuk menyearahkan arus listrik mekanis. Ketika kumparan armature berputar, maka sikat di dalamnya akan bergesekan dengan plat di komutator bergantian. 

Gesekan yang terjadi ini disebut dengan komutasi. Setelah terjadinya komunitas maka arus listrik yang disalurkan akan selalu mengalir ke satu arah yaitu ke sikat negatif. Berkat komponen komutator inilah maka arus listrik yang terjadi akan searah. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: