Ternyata Ini Fungsi dan Komponen Armature Pada Motor

Ternyata Ini Fungsi dan Komponen Armature Pada Motor

kalian pun harus menggunakan kick starter untuk bisa menyalakan kendaraan. Dalam sebuah armature terdapat empat jenis komponen pembangun yang sangat penting. Setiap komponen memiliki fungsi penting dalam mengubah energi menjadi gaya gerak. 

BACA JUGA:Hati-hati! Inilah 5 Komponen Motor yang Rentan Karatan

Apa saja masing-masing komponennya lengkap dengan fungsinya. Berikut ini komponen yang bisa dipelajari. 

1. Poros Armature 

Jenis komponen yang pertama ini disebut dengan poros armature atau shaft armature. Semua armature memiliki poros yang fungsinya adalah sebagai tempat untuk memasang seluruh komponen armature lainnya. 

Disebut dengan armature karena bagian ini akan menyalurkan tenaga putar yang telah dihasilkan oleh lilitan kumparan armature. Bagian poros ini juga akan berputar ketika lilitan sudah memiliki daya putar. 

Supaya bagian poros ini tidak rusak atau mampu berputar dengan kekuatan penuh, maka pada bagian ujung-ujungnya ditahan oleh bearing. Adanya penahan ini akan membuat komponen armature secara keseluruhan dapat berputar secara stabil di antara field coil. 

 2. Kumparan Armature

Jenis komponen yang kedua ini berupa lilitan dari bahan kawat tembaga, oleh sebab itulah disebut dengan kumparan. Letaknya sendiri mengelilingi poros armature di bagian tengah. Jumlahnya sangat banyak dan pada ujung kawat ini terhubung ke komutator.  

Lilitan kawat tembaga dibuat sangat rapi walaupun jumlahnya sangat banyak. Jumlah yang banyak ini bertujuan supaya tenaga putaran yang dihasilkan armature lebih kuat. Selain itu lilitan juga dibuat rapi supaya tenaga gerak jadi lebih stabil. 

BACA JUGA:Punya Motor Listrik? Ini Komponen yang Wajib Dicek Rutin

Proses kerjanya adalah ketika arus listrik masuk melalui sikat positif komputator, maka kumparan akan membangkitakn medan magent yang terhubung ke komutator. Nah medan magnet yang muncul akan menggerakkan armature secara keseluruhan. 

 3. Inti Armature

Bagian inti armature adalah kumpulan dari bahan plat besi yang disusun dengan rapi mengelilingi kumparan. Jadi inti armature ini berada di tengah menutup lilitan dan disusun dengan sangat rapi sehingga kumparan tidak rusak. 

Pada bagian ujung inti armature ini salah satunya tidak terhubung dengan komutator. Namun inti armature ini dibuat sangat kencang untuk menutup bagian kumparan. Sehingga ketika berputar, inti armature ini akan menjaga kumparan tetap stabil. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: