Ini Bahaya Naik Motor Pakai Sandal Jepit, Jangan Lakukan Deh!

Ini Bahaya Naik Motor Pakai Sandal Jepit, Jangan Lakukan Deh!

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Indonesia dikenal sebagai negara dengan jumlah pengendara sepeda motor yang sangat tinggi. Seakan menjadi transportasi utama bagi banyak orang, motor menjadi kendaraan yang paling sering digunakan untuk berpergian dari satu tempat ke tempat lainnya.

Namun, tidak sedikit yang sering melupakan akan keselamatan saat menggunakan motor. Salah satu contohnya adalah naik motor menggunakan sandal jepit.

Pandangan sebagian orang mungkin menganggap hal ini sepele dan tidak penting. Namun, memakai sandal jepit saat mengendarai motor merupakan tindakan yang sangat berbahaya.

BACA JUGA:Tekan Angka Kecelakaan, KNKT Usulkan Wajib Fitur ABS pada Sepeda Motor di Tahun 2030

Bukan hanya risiko kecelakaan yang meningkat, tetapi juga dampak negatif pada performa berkendara.

Ada beberapa alasan mengapa naik motor pakai sandal jepit sangat tidak disarankan.

1. sandal jepit cenderung tidak memberikan perlindungan yang adekuat pada kaki pengendara.

Tidak ada tutup atau penutup untuk melindungi kaki dari benturan atau gesekan dengan komponen motor seperti rantai dan gear shifting. Sebuah kecelakaan kecil saja, seperti terjatuh atau terkilir, dapat menyebabkan luka pada kaki yang cukup serius.

2. sandal jepit umumnya memiliki sol yang datar dan tipis.

Hal ini berpotensi mengurangi stabilitas dan keseimbangan ketika mengendarai motor. Saat mengendalikan motor, penting agar pengemudi memiliki kontrol yang baik dan kaki yang stabil untuk melakukan manuver.

BACA JUGA:Tips Memilih Shampo Motor, Jangan Asal Pakai Dampaknya Merusak Cat Bikin Nyesel!

Menggunakan sandal jepit dapat mengurangi kemampuan pengendara dalam menjaga keseimbangan dan juga memberikan tekanan pada bagian sol yang menyebabkan ketidaknyamanan saat berkendara.

3. sandal jepit juga dapat menyebabkan kesulitan dalam mengoperasikan rem dan gigi.

Pengendara perlu menggunakan kekuatan yang cukup pada jari-jari kakinya untuk menekan rem dan melibatkan semua bagian kaki saat mengoperasikan gigi.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: