Penyebab Ban Botak dan Tips Agar Tidak Cepat Botak

Penyebab Ban Botak dan Tips Agar Tidak Cepat Botak

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Ban motor, tak hanya sebagai roda penggerak, tapi juga penentu kenyamanan dan keamanan berkendara.

Sayangnya, seringkali kualitas dan kondisinya diabaikan, padahal ban yang tak terawat dapat meningkatkan risiko kecelakaan dan memerlukan penggantian yang mahal.

Untuk itu, berikut cara merawat ban motor agar tetap awet dan bergaya!

BACA JUGA:Para Pembalap Optimis Raih Poin Maksimal dari Tim Yamaha Racing Indonesia di Seri Final ARRC Thailand

Sebelum memahami cara merawat, mengenali penyebab cepat botaknya ban motor menjadi langkah pertama yang penting. Berikut adalah delapan penyebab umum yang perlu diwaspadai:

1. Mengerem Mendadak

Pengereman mendadak meningkatkan gesekan antara ban dan jalan, mempercepat keausan lapisan ban. Ini juga dapat menyebabkan keausan yang tidak merata.

2. Pemilihan Ban yang Tidak Sesuai

Memilih ban yang tidak sesuai dengan tipe motor atau kebutuhan berkendara dapat memperpendek umur ban dan mempengaruhi keseimbangan motor.

3. Suspensi Tidak Optimal

Shock breaker yang terlalu keras atau tidak optimal bekerja dapat menyebabkan tekanan yang tidak merata pada ban, mempercepat keausan di satu sisi.

BACA JUGA:Inilah Tata Cara Mengganti Pola Bunyi Buzzer Answer Back dari Honda

4. Pemasangan Ban yang Tidak Tepat

Pemasangan ban yang tidak seimbang dapat mengakibatkan tekanan lebih pada satu sisi ban, mempercepat keausan di sisi tersebut.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: