Mengenal Komponen Sistem Kemudi Sepeda Motor dan Jenis-Jenisnya

Mengenal Komponen Sistem Kemudi Sepeda Motor dan Jenis-Jenisnya

• Jembatan Garpu Sisi Atas

Khusus sepeda motor dengan suspensi telescopic terdapat komponen jembatan garpu atas atau penyambung. Fungsinya adalah sebagai pemegang garpu dan dudukan tangkai kemudi

Jembatan garpu sisi atas ini akan berfungsi sebagai dudukan tangkai kemudi yang menyambungkan dengan poros kemudi. Tangkai kemudi juga akan disambungkan dengan pemegang tangkai kemu. 

• Pencapit Tangkai Kemudi 

Komponen ini menjadi adalah pencapit tangkai kemudi yang berfungsi untuk mengikat tangkai kemudi dengan jembatan garpu sisi atas serta pemegang tangkai kemudi. 

• Poros Kemudi 

Disebut juga sebagai steering stem steering stem dan berfungsi menyambungkan antara kemudi, roda depan, garpu depan dan kepala kerangka. 

BACA JUGA:Lampu Kolong Motor: Simak Pengertian, Fungsi dan, Cara Pasangnya!

Cek juga dua komponen sistem kemudi lainnya di halaman selanjutnya.

Sistem kemudi sepeda motor terdiri dari dua jenis yaitu caster dan trail. Keduanya diterapkan pada jenis motor yang berbeda. Berikut ini penjelasan dari masing-masing tipenya. 

• Kemudi Caster 

Tipe yang pertama ini memiliki sudut kemiringan dari poros kemudi pada satuan derajat. Pada saat garis sejajar poros kemudi ditarik maka akan didapatkan sudut yang dihitung dan garis horizontal. 

Ketika sudutnya kecil artinya akan memperpanjang jarak trail. Efeknya adalah pengendalian motor jadi lebih baik pada jalanan lurus dengan kecepatan tinggi. Hanya saja akan kurang enak ketika berada di kecepatan rendah dan menikung. 

BACA JUGA:Fungsi Relay Lampu Pada Motor, Sepele Tapi Harus Tahu!

• Kemudi Trail 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: