Kuota Subsidi Motor Listrik Masih Banyak, Sepi Peminat?

Kuota Subsidi Motor Listrik Masih Banyak, Sepi Peminat?

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Penjualan motor listrik di Indonesia masih rendah meskipun ada subsidi sebesar Rp7 juta. Performa penjualan motor listrik masih jauh dari harapan.

Berdasarkan data dari Asosiasi Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI) mencatat bahwa hingga saat ini, hanya ada 8.000 pendaftar dari total kuota 200.000 motor listrik subsidi yang tersedia.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengaku aneh dikarenakan dari total kuota 20.000 untuk tahun 2023 minat masyarakat masih dibawah 50% terhadap motor listrik. 

BACA JUGA:Baru Gajian? Yuk Beli Motor Listrik, Tapi Simak Dulu Tips Ini

Moeldoko mengungkapkan bahwa saat ini pemerintah telah melakukan berbagai strategi untuk meningkatkan penjualan motor listrik subsidi, salah satunya dengan menghapus beberapa persyaratan ketat. Namun, hingga saat ini, jumlah penyaluran subsidi masih minim.

Dahulu syarat untuk mendapatkan subsidi motor listrik hanya untuk kalangan kelas menengah ke bawah.

Untuk mendapatkan subsidi motor listrik, terdapat empat persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu menjadi penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR), 

penerima bantuan upah kerja di bawah Rp3,5 juta, pengguna listrik dengan daya di bawah 900 VA, dan penerima bantuan sosial (bansos).

BACA JUGA:Ini 3 Tips Touring Motor Listrik Agar Ngacir Bareng Rekan Satu Komunitas

Setelah melalui evaluasi, pemerintah akhirnya memutuskan untuk menghilangkan persyaratan-persyaratan tersebut sehingga sekarang setiap warga dapat mengajukan subsidi melalui Kartu Tanda Penduduk (KTP) masing-masing dan mendapatkan subsidi sebesar Rp7 juta per unit motor listrik.

Dalam hal ini, pemerintah terus berupaya lebih keras dalam mempromosikan dan mengedukasi masyarakat tentang manfaat penggunaan motor listrik serta subsidi yang diberikan. 

Selain itu, pemerintah juga perlu berkolaborasi dengan industri kendaraan bermotor untuk menghadirkan lebih banyak pilihan dan varian motor listrik yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. 

Dengan demikian, diharapkan minat dan permintaan terhadap motor listrik dapat meningkat secara signifikan.

BACA JUGA:Tips Lancar Belajar Naik Motor di Jalan Raya untuk Pemula, Langsung Sat set!

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: