Simak Tips Berkendara di Jalanan Berlubang Tanpa Perlu Khawatir Jeblos!

Simak Tips Berkendara di Jalanan Berlubang Tanpa Perlu Khawatir Jeblos!

BACA JUGA:Simak 4 Poin Penting yang Perlu Diperhatikan Pengendara Motor Listrik Saat Kondisi Cuaca Panas

Tetaplah bersabar dan menunggu hingga kendaraan tersebut lewat, jangan langsung mengambil keputusan ingin mendahului walaupun ada peluang untuk melakukannya. 

• Selalu Fokus

Merupakan suatu keharusan bagi pengemudi untuk tetap fokus dan konsentrasi pada saat mengemudi. Jadi, hindari ngobrol dengan orang yang dibonceng atau dengan sesama pengendara lainnya saat mengemudi, apalagi bermain HP. 

Semua itu bisa membuat konsentrasi terhadap kondisi sekitar menjadi berkurang. Sebaliknya, dengan fokus saat berkendara akan membuat pengemudi bisa mengantisipasi terhadap segala risiko yang bisa terjadi. 

Sebagai contoh, ketika melewati jalanan yang rusak parah dan berlubang lalu tiba-tiba pengemudi yang di depan mengerem secara mendadak. 

Jika fokus kalian bisa melakukan antisipasi dengan cara melakukan hal yang sama yaitu ikut melakukan pengereman, atau membelokkan stang untuk menghindari terjadinya tabrakan. 

BACA JUGA:Hati-hati, Begini Ciri Shockbreaker yang Sudah Rusak, Buruan Ganti!

Namun jika pada saat itu kalian melamun, ada kemungkinan terjadi tabrakan yang tidak bisa dihindari.  

• Mengikuti Alur Kendaraan yang di Depan

Pada saat berada di jalanan yang sempit atau kondisi jalanan sedang ramai sebaiknya tetap sabar dan ikuti alur kendaraan yang melaju di depan. Umumnya, pengemudi yang ada di depan akan memilih jalanan yang kondisinya bagus. 

Jadi, kalian hanya perlu mengikuti jalur yang ditempuh oleh pengemudi di depan kalian agar tidak tergelincir atau terperosok di jalanan yang berlubang. 

• Jaga Jarak Aman

Tips berkendara aman berikutnya adalah dengan tetap menjaga jarak aman dengan pengendara lainnya. 

Ini diperlukan agar ada space aman sehingga tidak saling berhimpitan atau menabrak kendaraan di depan yang mungkin mengerem secara mendadak. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: