Simak Tips Berkendara di Jalanan Berlubang Tanpa Perlu Khawatir Jeblos!

Simak Tips Berkendara di Jalanan Berlubang Tanpa Perlu Khawatir Jeblos!

• Mengurangi Kecepatan

Tips berkendara aman agar selamat tiba di tujuan adalah dengan mengurangi kecepatan atau mengerem sebelum melewati jalanan yang rusak atau berlubang. 

Caranya adalah dengan menutup putaran gas dan menurunkan ke perseneling yang lebih rendah. Setelah itu, tariklah tuas rem depan dan belakang secara bersamaan baru kemudian ditarik secara bergantian agar proses pengereman bisa maksimal. 

BACA JUGA:Hati-hati! Ini Sanksi Bagi Pelajar yang Berkendara Tapi Tak Punya SIM

Cara tersebut bertujuan untuk menghindari benturan keras yang terjadi antara aspal dan ban motor yang kalian kendarai. 

Apabila sempat, lihatlah ke arah spion guna memastikan bahwa tidak ada pengguna jalan lain yang akan lewat di sekitar lokasi kalian. namun jika tidak sempat, maka gunakan metode menarik tuas rem secara bergantian hingga motor berhenti. 

Setelah memastikan bahwa kondisi di sekitar aman, barulah kalian pindah jalur untuk menghindari jalanan yang rusak atau berlubang. Jika jarak pengereman tersebut terlalu pendek, sambil mengurangi kecepatan motor sebaiknya angkat pinggul kalian. 

Dengan demikian, kalian tidak akan terpental dari motor. Akan lebih baik jika menggunakan kecepatan yang konstan ketika melewati jalanan yang rusak dan baru menambah kecepatan ketika sudah melewati jalanan yang rusak tersebut. 

BACA JUGA:Intip 10 Tips Sebelum Membeli Motor Baru, Perhatikan Poin Ini Biar Nggak Nyesel!

• Hindari Akselerasi Mendadak

Tips berkendara aman bagi pengguna motor yang berikutnya adalah dengan menghindari melakukan pengereman keras atau akselerasi secara mendadak. 

Sebab, kondisi tersebut bisa mengakibatkan ban depan dan belakang mudah mengunci hingga terjadi selip pada saat melewati permukaan jalanan yang licin. Akibatnya, jika pengemudi tidak siap dengan kondisi tersebut bisa jatuh bersama motornya. 

Selain itu, kondisi jalanan yang licin juga bisa menyebabkan sliding yang membuat keseimbangan pengendara motor jadi berkurang dan berpotensi terjatuh. 

• Memberi Kesempatan Pengguna Jalan di Depan untuk Menghindar

Sebagai sesama pengguna jalan tidak boleh egois dan harus saling menghormati. Untuk itu, apabila kalian kebetulan melihat bahwa kendaraan yang berada di depan hendak menghindari jalan yang rusak atau berlubang, sebaiknya berilah kesempatan. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: