Awas Begal Motor Mengancam Nyawa, Begini 7 Cara Menghindari Para Pelaku Liar!

Awas Begal Motor Mengancam Nyawa, Begini 7 Cara Menghindari Para Pelaku Liar!

Menghindari jalur yang sama setiap hari dapat meminimalisir risiko menjadi korban begal. Pelaku begal cenderung mengamati rutinitas dari aktivitas pengendara motor. 

sehingga menggunakan rute berbeda secara acak akan mengurangi peluang mereka untuk merencanakan kejahatan terhadap calon korban. 

Cobalah untuk berganti rute setiap beberapa hari atau minggu, dan pastikan mengambil jalur utama yang terawasi dengan baik.

5. Hindari berkendara sendirian di malam hari

Berpergian sendirian di malam hari sering kali membuat seseorang menjadi target empuk bagi para begal motor

BACA JUGA:Keseruan Aktivitas ALVA di IMOS+: Bagikan 500 Tanaman, Quiz Interaktif Seru, hingga Test Ride Disuguhi ALVA Coffee

Untuk menghindari hal ini, usahakan untuk selalu berkendara bersama teman atau kelompok atau istilah "bodysystem". 

Selain meningkatkan keamanan, berkendara berkelompok mengurangi niatan para pelaku begal untuk melancarkan aksinya. Jika tak punya teman untuk diajak, coba bergabung dengan komunitas pengendara motor di tempat tinggal Anda.

6. Pelajari teknik melawan

Selain menghindari aksi begal motor, juga penting bagi kita untuk mempelajari teknik-teknik melawan dalam situasi terpaksa. Saat ini para pengendara sudah mulai melakukan aksi pertahanan diri.

BACA JUGA:Dengan Tangan Kosong, Anggota Brimob Ini Tangkis Celurit Begal di Bekasi, Honda BeAT Berhasil Dibawa Kabur

Pelajari bagaimana cara melepaskan diri dari cengkeraman pelaku, mengenal titik-titik lemah tubuh manusia, serta teknik bela diri sederhana seperti tendangan atau pukulan untuk membuat pelaku kembali mundur. 

Mengingat hal ini bisa berbahaya, pastikan untuk hanya menggunakan teknik-teknik ini dalam situasi terdesak dan pilihlah waktu yang tepat.

7. Laporkan Kepada Pihak Berwenang

Jika Anda menjadi korban begal motor atau melihat tindakan mencurigakan, segera laporkan kepada pihak berwenang. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: