Sekali Klik, Begini Cara Membayar Pajak Online, Anti Ribet!

Sekali Klik, Begini Cara Membayar Pajak Online, Anti Ribet!

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Karena perkembangan teknologi terus ke arah positif maka pihak berwenang mengeluarkan cara bayar pajak motor online. 

Apalagi sistem pembayaran yang harus tatap muka dinilai banyak pihak merepotkan sebab harus membuang waktu untuk diperjalanan dan mengantri. 

Tidak heran jika banyak orang malas membayar pajak bahkan menunggak. Padahal pajak bisa memberikan pengaruh positif baik untuk pemerintah maupun masyarakat setempat. 

BACA JUGA:Pasca Viralnya Rangka eSAF, AHM Dipanggil Kemenhub!

Dengan kehadiran cara bayar pajak motor online online ini diharapkan bisa menjadi solusi atas permasalahan saat ini. Jadi kapanpun dan dimanapun siapa saja bisa membayar pajak tanpa harus membuang waktu dan tenaga.

Informasi Mengenai Besar Tarif Pajak Motor

Sebagai wajib pajak penting bagi kalian untuk mengetahui dasar penetapan tarif pajak motor ini selain cara bayar pajak motor online. Hal ini juga diatur dalam undang-undang dan peraturan daerah tempat domisili. 

Berdasarkan undang-undang menyatakan bahwa penetapan pajak kendaraan bermotor pertama paling rendah 1% dan paling tinggi 2%. 

BACA JUGA:Apa Sih Penyebab Noda Kuning di Rangka eSAF?

Untuk kendaraan bermotor kedua dan seterusnya tarif yang ditetapkan paling rendah 2% dan paling tinggi 10%. Besaran pajak ini hanya berlaku untuk kendaraan pribadi yang dijalankan di atas jalan umum. 

Untuk kepemilikannya bisa dilihat dari nama pemilik dan alamatnya dimana jika nama dan alamat kepemilikan tidak sama, maka saat kalian membeli kendaraan kedua dan seterusnya akan diberlakukan tarif pajak progresif bukan pajak kendaraan pertama. 

Tentunya beda lagi untuk pajak kendaraan Seperti alat besar dimana bisa mencapai 0,1% dan maksimal 0,2%.

Sedangkan untuk kendaraan umum dan kendaraan sosial suatu lembaga tarif minimalnya 0,5% dari harga jual dan maksimal 1%. Tentunya semua hal tersebut disesuaikan dengan peraturan daerah masing-masing karena besaran harga setiap daerah bisa berpengaruh saat perhitungan pajak. 

BACA JUGA:Ternyata Ini Alasan Honda PCX 160 Gak Pakai Rangka eSAF

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: