Tanpa ke Bengkel Kalian Bisa Rawat Mesin Motor Sendiri Loh, Cek Caranya di Sini!

Tanpa ke Bengkel Kalian Bisa Rawat Mesin Motor Sendiri Loh, Cek Caranya di Sini!

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Kami akan memberikan tips bagaimana tetap menjaga performa motor tetap stabil dan prima dalam jangka waktu yang lama tanpa sering mampir ke bengkel.

Sepeda motor harus tetap dirawat dengan baik jika ingin merasakan performa yang apik setiap digunakan untuk sehari-hari.

Meski begitu ada cara ampuh agar kalian tak perlu sering mendatangi bengkel dan merogoh kocek yang cukup tinggi.

BACA JUGA:Deretan Motor Listrik yang Akan Hadir di GIIAS 2023

Simak artikel ini karena kami akan memberikan beberapa tips demi menjaga performa motor kamu tampil selalu prima.

Pertama dan yang terpenting kalian para pengendara yakni dengan membersihkan motor dari kotoran yang menempel seperti debu, tanah, dan juga minyak.

Jika masih ada beberapa kotoran itu maka ditakutkan bisa merusak atau menghambat kinerja komponen kendaraan, apalagi berpotensi dapat karatan.

Jangan lupa untuk melakukan cek rutin pasca melakukan perjalanan jauh dengan memeriksa volume, tingkat kekentalan, hingga warna oli.

BACA JUGA:Waduh, Honda Beat dan Vario Jadi Incaran Para Maling

Tekstur oli yang masih terbilang layak untuk dipakai kendaraan motor adalah sedikit kental dan warnanya bening plus tingkat volume tak berkurang sesuai dengan standar pabrikan. 

Direkomendasikan untuk penggantian oli rutin dilakukan tiap 3.000 kilometer setelah digunakan, atau setiap tiga bulan sekali. Namun, semua kembali lagi pada sistem penggunaan ya.

Khusus untuk motor matic, coba periksa oli transmisi jangan sampai ada kebocoran di seal karet yang justru membuat volumenya berkurang.

Jika penggunaan kendaraan motor matic normal, disarankan untuk mengganti oli transmisi setiap 10 ribu kilometer atau per 10 bulan sekali. Semua tergantung pemakaian pengendara dan bagaimana cara merawatnya.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: