Inovasi Baru, Yamaha Akan Produksi Motor Berbahan Daur Ulang Plastik!

Inovasi Baru, Yamaha Akan Produksi Motor Berbahan Daur Ulang Plastik!

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Yamaha, pabrikan sepeda motor Jepang, telah mengumumkan akan mengadopsi bahan polypropylene daur ulang baru dalam proses manufakturnya untuk kendaraan roda dua bertenaga.

Meskipun Yamaha telah menggunakan PP daur ulang sebelumnya, bahan baru ini dikembangkan dari bahan baku yang belum sampai ke pelanggan dan tidak berisiko mengandung zat berbahaya bagi lingkungan.

PP daur ulang yang baru dikembangkan akan digunakan dalam konstruksi bodywork eksterior utama kendaraan roda dua bertenaga, khususnya model sepeda motor konsumen yang dipasarkan di pasar ASEAN.

BACA JUGA:Dealer TVS Banyuwangi Resmi Hadir, Ronin 225 Sudah Bisa Dipesan

Namun, Yamaha telah menyatakan bahwa material PP daur ulang yang baru juga dapat digunakan untuk area yang membutuhkan daya tarik estetika yang lebih besar dan berencana untuk memperluas penggunaannya ke area produk lainnya.

Dalam mencapai tujuan ini, Yamaha berusaha untuk beralih ke 100 persen penggunaan sumber daya yang berkelanjutan, secara aktif mengadopsi dan menggunakan lebih banyak bahan ramah lingkungan dan daur ulang.

Yamaha memperkenalkan dua contoh, yaitu aluminium dan plastik polipropilen (PP) daur ulang yang ramah lingkungan.

Aluminium adalah salah satu bahan baku terpenting dalam pembuatan sepeda motor dan suku cadangnya, dan menyumbang sekitar 12 persen hingga 31 persen dari total berat kendaraan (berdasarkan riset internal Yamaha Motor pada 2022).

BACA JUGA:Digelar di ICE BSD pada 10-20 Agustus, GIIAS 2023 Hadirkan Puluhan Produk Motor Keren, Gaspol Datang Lebih Awal ke TKP Bradsis

Proporsi ini jauh lebih tinggi daripada kendaraan lainnya. Jadi pengadopsian bahan ramah lingkungan dan bahan daur ulang untuk sepeda motor adalah salah satu pendekatan yang sangat efektif untuk mengurangi emisi CO2. Mulai dari bagian pembuatan bahan mentah pada proses produksi sepeda motor.

Melalui pengembangan teknologi produksi dan rekayasa sepeda motor, Yamaha secara aktif mendorong penggunaan aluminium daur ulang.

Sejak saat itu, penggunaan bahan daur ulang secara bertahap meningkat hingga saat ini mencakup sekitar 80 persen aluminium yang digunakan di seluruh perusahaan.

Meski demikian, dari segi kekuatan dan desain bodi, masih ada bagian yang tidak bisa diganti bahan daur ulang. Untuk melengkapi aluminium daur ulang yang sudah digunakan, Yamaha memutuskan fokus di penggunakan aluminium ramah lingkungan, disempurnakan menggunakan sumber energi terbarukan agar menghasilkan lebih sedikit CO2 dalam pembuatannya.

BACA JUGA:Desain dan Teknologi NHK Mark-1, Helm Spek MotoGP di Bawah Sejutaan!

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: