Modifikasi Yamaha Scorpio 2005: BMW R27 Jadi Acuan, Tampilan Makin Menawan, Biayanya Cuma Segini?

Modifikasi Yamaha Scorpio 2005: BMW R27 Jadi Acuan, Tampilan Makin Menawan, Biayanya Cuma Segini?

Topo Goedel Atmodjo, Builder veteran yang sama seperti pak Andre, menemukan tantangan tersendiri saat modifikasi motor tersebut. Bukan Topo namanya kalau tidak unik dan selalu melahirkan ide dan hasil yang bernilai, bradsis.

Terbukti dari ubahan Yamaha Scorpio yang telah ditentukan konsep dasarnya oleh sang pemilik untuk menjadi BMW R 27, hasil akhirnya tidak dan gak mau persis seperti hasil copas.

(BACA JUGA:Innalillahi, Selamat Jalan: Torana Lodong dan Walidi, Mekanik Andalan di Arena Balap Road Race, Jasa dan Karya Kalian Sangat Bermanfaat)

Perubahan paling utama ada di permakan subframe dan jarak sumbu roda yang biasa disebut axisdistance. Dan ini yang akan berpengaruh terhadap hasil akhir secara keseluruhan.

Panjang sumbu roda adalah kunci kenyamanan yang akan didapat, meskipun dilakukan perubahan dengan memanjangkan sumbu roda tapi masih dalam batas ideal.

Tidak terlalu panjang untuk mendekati bentuk aslinya, belajar dari pengalaman malah dipakai, tidak nyaman dan cenderung susah belok serta kaku saat bermanuver.

"Modifikasi itu fleksibel dan harus jelas serta menjawab kebutuhan, artinya ada nilai khusus yang didapat. Selain estetika yang didapat, yang paling penting adalah fungsinya dan kenyamanan bisa diwujudkan," jelas Topo.

(BACA JUGA:Wow.. Yamaha Finn, Diklaim Sebagai Motor Bebek Paling Irit Saat ini di Thailand, Dijamin Jarang Mampir ke SPBU Nih!)

Hasil akhir adalah kesan montok, padat dan berisi yang terlihat dari harmonisasi bodi kit yang dirancang dari pelat galvanis 0,9 mm, ciri khas Tauco Custom Motorcycle yang paten punya.

Terakhir untuk menopang performance dari ubahan overall, Scorpio BMW R27 ini diutamakn melakukan upgrade secara total dengan menjejalkan paket bore up piston 72 dari BRT berikut pengapian setnya.

Tidak lupa dengan porting polish dan mengganti nokes as yang juga produk BRT. Tidak lupa suplay bensinya diganti dengan karburator PE 28 didukung knalpot custom double silencer full system.

+++++


Ubahan total membuat Scorpio hilang wujud aslinya||Motorexpertz.com

Untuk menjaga mesin terlihat fresh dan maksimal, sentuhan vafor dan powder coating di seluruh bodi mesin.

(BACA JUGA:Susunan Sementara, Pembalap MotoGP untuk Seri 2022, Para Fans Mempertanyakan Kelanjutan Rossi, Jadi Pensiun?)

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: