Motor Mendadak Mati di Jalan? Ini Penyebab Utamanya

Motor Mendadak Mati di Jalan? Ini Penyebab Utamanya

Oli dibutuhkan untuk mengurangi gesekan antarkomponen yang menyebabkan timbulnya panas di mesin. Adapun oli yang telah habis masa pakainya akan membuat gesekan dan panas yang ditimbulkan juga semakin besar. Karena itu, mesin motor mati mendadak.

4. Mesin Overheat

Mesin yang terlalu panas bisa mengakibatkan motor tiba-tiba mati. Panas yang berlebihan ini akan mempengaruhi performa mesin dan memungkinkan motor mendadak mati.

Kondisi overheat pada mesin dapat terjadi apabila kendaraan digunakan melaju dalam jangka waktu lama. Karena itu, ada baiknya untuk istirahat sekaligus mendinginkan mesin motormu setelah dua jam berkendara kalau detikers bepergian jauh.

BACA JUGA:Honda Rilis Motor XRM 125 Dengan Desain Motor Trail, Tapi Pake Mesin Supra X 125?

5. Busi yang Rusak

Penyebab lain motor mati tiba-tiba adalah komponen businya yang bermasalah. Busi berguna sebagai alat pengapian untuk menimbulkan percikan api yang menghasilkan pembakaran dari campuran udara dan udara. Ledakan kecil dari busi inilah yang membuat mesin menyala.

Namun jika businya rusak dan tidak lagi bisa menghasilkan percikan api ini, maka akan menyebabkan motor tidak bisa menyala alias mati.

Kabel busi yang bermasalah bisa jadi karena ada kotoran yang tersumbat. Karena itu, percikan api tidak sampai ke ruang pembakaran sehingga dapat menyebabkan motor mati.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: