Flushing Oli Penting Nggak Sih? Yuk, Simak

Flushing Oli Penting Nggak Sih? Yuk, Simak

Cara Cerdas Pilih Oli Motor yang Bikin Performa Maksimal!-@undipmenfess-Twitter

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM –  Kalau kalian termasuk yang sering gonta-ganti merek pelumas yang berbeda saat ganti oli motor kesayangan kalian maka memang sebaiknya juga melakukan pembilasan oli mesin .

Ini perlu dilakukan untuk mengurangi endapan aditif masing-masing merek oli pada bagian mesin.

Bukan Hal yang Mendesak

Tetapi ternyata pembilasan atau di sebut juga dengan flushing adalah hal yang tidak mendesak dilakukan di mesin motor, kecuali kalau pelumas sebelumnya menunjukkan adanya masalah.

Seperti saat di-drain (dikeluarkan dari mesin) terlihat tidak normal atau jauh berkurang volumenya, maka pembilasan menjadi hal yang sebaiknya segera dilakukan.

BACA JUGA:Ketatnya Persaingan WSSP Misano 2024, Para Pembalap Unggulan Masih Mendominasi

BACA JUGA:Toprak Razgatlioglu Sempat Crash di FP2 WSBK Misano 2024


Layanan Servis Motor Keliling, Semok Layani 1.000 Lebih Konsumen Motor Honda--Istimewa

Selain itu, pembilasan oli mesin juga sebaiknya segera dilakukan saat motor baru saja terendam banjir.

Alasan tidak mendesaknya pembilasan oli mesin motor karena teknologi pelumas untuk mesin motor didasarkan pada beberapa bahan baku aditif dan base oil yang secara kimia relatif bersahabat satu sama lain, sehingga kemungkinan adanya ketidakcocokan juga relatif kecil.

Tidak Sama dengan Pelumas Mesin Industri 

Tidak sama kasusnya dengan teknologi pelumas mesin-mesin industri, yang bahan bakunya cukup variatif, sehingga pembilasan adalah hal yang wajib diperlukan agar efek samping ketidakcocokan secara kimiawi bisa dihindari.

Jadi, pembilasan di mesin motor sebenarnya lebih bertujuan untuk menghindari dampak negatif dari buruknya kondisi pelumas after used yang tersisa di mesin motor.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya