Motor Listrik Ternyata Minim Servis Saat Keliling Dunia

Motor Listrik Ternyata Minim Servis Saat Keliling Dunia

Roman Nedielka-Ilham-

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Banyak cerita menarik dari perjalanan keliling dunia dengan mengandalkan motor listrik yang dilakukan oleh Roman Nedielka.

Seperti diketahui, pria asal Slovakia ini memulai titik awal dari Jakarta dan menyelesaikan perjalanan 10 bulannya di lokasi yang sama pada akhir Mei 2024.

Salah satu kisah menariknya soal minimnya perawatan yang dilakukan pada motor Zero DSR/X. Di mana dirinya hanya memerlukan perawatan khas sepeda motor seperti penggantian ban dan rem setelah 25.000 km. 

"Perawatannya sangat mudah dan minim pergantian komponen. Beberapa parts yang diganti diantaranya ban, kampas rem dan belt," ucapnya.

BACA JUGA:Naik Motor Listrik Keliling Dunia, Ini Negara yang Paling Berat Buat Roman Nedielka

BACA JUGA:Roman Nedielka Keliling Dunia Naik Motor Listrik, Resmi Finish di Jakarta

Pergantian komponen belt sendiri sebenarnya hanya merupakan tindak pencegahan. Karena dilihat secara bentuk, belt sebelumnya masih bisa dipakai.

"Tapi ini tindakan pencegahan saja. Karena belt tersebut sudah dipakai di berbagai suhu dan kondisi. Jadi takut terjadi pemuaian dan perubahan ukurannya. Sisanya tak ada perawatan lainnya," ucapnya.

Belt di motor listrik Zero DSR/X ini berfungsi sebagai penyalur tenaga dari sumber penggerak jenis mid drive ke roda belakang. Fungsi tersebut layaknya rantai di motor jenis sport atau bebek.

Tentu hal ini berbeda dari motor bensin konvensional yang butuh pengecekan pada bagian sistem bahan bakar, perawatan ruang mesin, filter udara serta pergantian oli saat digeber jarak jauh.

BACA JUGA:Begini Sosok Motor Listrik Zero DSR/X yang Diajak Keliling Dunia

BACA JUGA:Ternyata Plat Nomor Motor Listrik Indonesia Sering Bikin Orang Asing Penasaran

Di sisi lain, untuk mengisi daya baterai motornya, Roman kerap melakukan pengecasan 10 jam, atau overnight charging. Motor akan dicas di hotel saat ia tertidur, lalu paginya sudah siap dengan kondisi baterai penuh.

Sementara untuk di perjalanan jauh, dirinya juga biasa mengisi daya selama 2 jam di charging station. "Saya sudah menyiapkan charger dengan kemampuan fast charging, sehingga lebih cepat saat mengisi daya," pungkasnya.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya