29 Titik Pertashop Jadi Sarana Uji Coba Jualan Pertalite

29 Titik Pertashop Jadi Sarana Uji Coba Jualan Pertalite

Pertashop-Pertamina-

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Selama ini Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) mini yang disebut Pertamina Shop atau Pertashop hanya diperkenankan untuk menjual bensin non subsidi jenis Pertamax.

Namun per bulan Juni 2024 ini, Pertashop mulai diperbolehkan untuk menjual bensin subsidi jenis Pertalite. Hal ini tentu jadi kabar gembira bagi banyak orang, terutama yang tinggal di pelosok.

Sebab kebanyakan Pertashop memang dibuka di area pelosok daerah yang sulit terjangkau oleh SPBU besar. Sehingga pilihan konsumen pada bensin yang lebih terjangkau dapat terpenuhi.

Memang untuk tahap awal, jumlah Pertashop yang diperkenankan menjual Pertalite masih sangat terbatas. Lokasinya pun hanya tersebar di seluruh pulau Sulawesi.

BACA JUGA:Update Harga Bensin Per 3 Juni 2024 di Seluruh Wilayah Indonesia

BACA JUGA:Hore! Banyak Harga Bensin Turun di Bulan Juni 2024

Rencananya bakal ada 29 SPBU Pertashop saja yang diperbolehkan menjual Pertalite. Itu pun baru 10 Pertashop yang sudah mendapatkan izin menjual Pertalite.

Ini karena ke-10 Pertashop tersebut sudah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Diantaranya memenuhi sarana dan prasarana penjualan Pertalite. 

Selain itu, pengoperasian wajib sudah bersistem digital, serta memiliki CCTV untuk kamera pengawas. Jadi belum ada pemerataan mengenai penjualan tersebut.

Pemerintah menyebutkan jika regulasi baru mengenai penjualan Pertalite di Pertashop merupakan bentuk dukungan dalam mempertahankan bisnisnya. Sekaligus langkah untuk mengurangi penjualan bensin di kios mini.

BACA JUGA:Beli Tiket MotoGP Mandalika Pakai MyPertamina Bisa Dapat Voucher Bensin, Segini Harganya

BACA JUGA:Apakah Bensin Oktan Tinggi Bagus Untuk Semua Motor?

"Harus diakui sampai saat ini pemerintah masih belum mampu menertibkan penjualan BBM bersubsidi di kios-kios kecil tidak resmi termasuk kios Pertamini," ucap Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto dilansir dari situs resmi DPR.

Sementara Andi Yuliani Paris dari Komisi VII DPR RI juga menyebutkan jika penjualan Pertalite di Pertashop dapat meningkatkan daya saing dari SPBU tersebut.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya