Mengenal Sejarah Kebersamaan Ducati dan Ayrton Senna

Mengenal Sejarah Kebersamaan Ducati dan Ayrton Senna

Ducati Senna-Ducati-

IMOLA, MOTOREXPERTZ.COM - Ayrton Senna, pebalap legendaris Formula Satu asal Brazil ini memiliki hubungan baik dengan Ducati, pabrikan sepeda motor ternama Italia. 

Hubungan ini telah berulang kali dirayakan melalui sepeda motor Ducati edisi khusus. Bahkan setelah dirinya meninggal dunia di sirkuit Imola tahun 1994 silam.

Senna pertama kali dikaitkan dengan Ducati pada tahun 1990 ketika ia menerima Ducati 851 SP sebagai hadiah dari Claudio Castiglioni, CEO Ducati saat itu. 

Ducati 851 SP adalah sepeda motor penting dalam sejarah Ducati, yang sering dianggap sebagai pengantar era modern superbike merek tersebut. 

BACA JUGA:Begini Detail Spesifikasi Ducati Monster Senna Edition 2024

BACA JUGA:Ducati Monster Senna Edition, Dijual Terbatas Harganya Rp 473 Jutaan

Model ini diperkenalkan pada tahun 1989, 851 SP (Sport Production) merupakan evolusi signifikan dari pendahulunya.

Ducati 851 SP ditenagai oleh mesin empat langkah L-twin 90 derajat dengan kapasitas 851 cc. Mesin ini dilengkapi dual overhead cams (DOHC) dan katup desmodromik, ciri khas teknik Ducati, dengan empat katup per silinder.

Kemudian ketertarikan Senna terhadap merek tersebut terus berlanjut, dan dia adalah salah satu pemilik awal Ducati Monster 900 asli ketika dirilis pada tahun 1992. 

Ayrton, yang merupakan salah satu pemilik pertama Monster 900, yang ia gunakan untuk berkeliling di Monte Carlo, dan di mana ia muncul di malam gala Grand Prix F1 Monako 1993. 

BACA JUGA:Aleix Espargaro Umumkan Pensiun di Akhir MotoGP 2024

BACA JUGA:Apakah Bensin Oktan Tinggi Bagus Untuk Semua Motor?

Ayrton menyukai konsep sederhana dari Monster yang memberikan kesenangan dalam berkendara hingga ke inti dari pengalaman bersepeda motor: yaitu mesin yang sporty, sangat cocok untuk di jalan raya, sasis yang berasal dari Superbike, stang lebar, dan tanpa fairing. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya