7 Ciri-ciri Oli Gardan Motor Matic Sudah Wayahe Ganti, Terlewat Dikit Bisa Bahaya Sob!

7 Ciri-ciri Oli Gardan Motor Matic Sudah Wayahe Ganti, Terlewat Dikit Bisa Bahaya Sob!

Ciri-Ciri Oli Gardan Motor Matic Harus Diganti, Jangan Sampai Terlewat!--yamahamu.co.id

Oli gardan yang sudah tidak layak pakai akan menyebabkan suhu gardan meningkat. Hal ini dapat dirasakan dengan menyentuh bagian gardan yang akan terasa lebih panas dari biasanya.

5. Oli Gardan Terkontaminasi

Oli gardan dapat terkontaminasi oleh air, kotoran, atau serpihan logam dari komponen transmisi. Hal ini dapat menyebabkan oli gardan menjadi keruh dan tidak lagi berfungsi dengan baik.

6. Oli Gardan Berwarna Gelap

Oli gardan yang baru berwarna bening atau kuning kecoklatan. Seiring waktu, oli gardan akan berubah warna menjadi lebih gelap, menandakan bahwa oli sudah mulai aus.

7. Bau Oli Gardan Berubah

Oli gardan yang baru memiliki bau yang khas. Jika bau oli gardan berubah menjadi lebih menyengat atau asam, menandakan bahwa oli sudah tidak layak pakai.

BACA JUGA:Sebelum Membeli Oli Motor, Wajib Tahu Soal Ini Sob! Jangan Asal Beli Deh

BACA JUGA:Cuma Rp20 Ribuan! Inilah 8 Rekomendasi Oli yang Cocok untuk Motor Sejuta Umat

Selain penjelasan di atas, akan memberikan tips merawat gardan motor agar lebih awet.

Kalian harus gunakan oli gardan sesuai spesifikasi motor dan harus ganti secara berkala sesuai interval yang dianjurkan.

Selain itu periksa oli gardan secara rutin dan hindari membawa beban berlebih pada motor dan awasi jalanan yang tergenang air.

Dengan memperhatikan ciri-ciri oli gardan yang harus diganti dan melakukan perawatan yang tepat, Anda dapat menjaga performa dan ketahanan gardan motor Anda.

Mengutip laman Motor Trends, pergantian oli gardan idealnya dilakukan setiap kelipatan 8.000-10.000 km. Biasanya, jarak tersebut ditempuh dalam waktu 3-4 bulan sekali. Maka, Anda bisa menggantinya pada waktu tersebut. Karena kinerjanya tidak seberat oli mesin, warna oli gardan cenderung tidak berubah

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: