Ada 3 Penyebab yang Membuat V Belt Motor Matic Slip, Jadi Nggak Bisa Ngacir!

Ada 3 Penyebab yang Membuat V Belt Motor Matic Slip, Jadi Nggak Bisa Ngacir!

Motor Kagak Ngacir! Inilah 3 Hal Yang Membuat V Belt Motor Matic Slip--Istimewa

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - V-belt motor matic, atau biasa disebut juga van belt, merupakan komponen berbentuk sabuk dengan penampang huruf V

Bentuk khusus ini dirancang untuk mencengkeram puli dengan kuat dan memastikan putaran yang efisien.

V-belt motor matic punya kelemahan, yakni bisa slip meskipun sudah diganti baru dan membuat tarikan motor jadi terasa berat ketika berakselerasi. 

BACA JUGA:Finish Ke-4 di Qatar, Marquez: 'Mending Lepas Podium Daripada Jatuh dan Absen Balap!'

V-belt motor matic slip saat gas dibuka bisa diakibatkan beberapa hal, yakni:. 

1. Seal Kruk As Jebol

Paling sering adalah akibat adanya oli yang masuk ke CVT karena seal kruk as yang jebol.

V-belt kalau terkena dengan oli pasti akan jadi slip. Penyebabnya paling sering terjadi karena seal kruk as aus dan tidak dicek apalagi diganti. 

BACA JUGA:Francesco Bagnaia Buktikan Kualitasnya Sebagai Juara Dunia MotoGP™ Qatar

2. Kerusakan di Area Sliding Sheave

Selain masalah seal kruk as yang jebol, ada penyebab lain v-belt motor matic slip.

Yakni, adanya  kerusakan di area sliding sheave, terutama di jalur pin guide yang sudah parah itu bisa bikin v-belt terasa slip juga. 

Karena jalurnya termakan atau sudah oblak maka bukaan pulley belakang jadi kurang maksimal. Hal itu akan membuat v-belt akan terasa slip terus meskipun v-belt baru dan kondisi CVT bebas oli. 

BACA JUGA:Wow! Ada Vespa 946 Dragon di Plaza Senayan, Cuma Diproduksi 1.888 Unit Saja

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: