Cara Mengetahui Kapan Oli Motor Harus Diganti

Cara Mengetahui Kapan Oli Motor Harus Diganti

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Oli motor adalah salah satu komponen penting dalam menjaga performa dan keandalan mesin kendaraan bermotor. Oli berfungsi untuk melumasi, mendinginkan, dan membersihkan bagian-bagian dalam mesin agar dapat beroperasi dengan baik.

Namun, seiring waktu dan penggunaan, oli motor akan mengalami penurunan kualitas dan perlu diganti secara teratur. Artikel ini akan membahas cara mengetahui kapan oli motor harus diganti, sehingga Anda dapat menjaga mesin kendaraan Anda dalam kondisi optimal.

BACA JUGA:Bikers Ini Sukses Lakukan Petualangan Long Ride 360 derajat Sumatera Pakai XSR 155

Sebagai pemilik kendaraan, penting bagi Anda untuk memahami tanda-tanda bahwa oli motor sudah waktunya diganti.

Salah satu tanda yang paling jelas adalah perubahan warna oli. Oli motor yang baru memiliki warna kuning keemasan yang jernih.

Namun, seiring waktu, oli akan menjadi lebih gelap karena mengandung partikel-partikel kotoran dan endapan dari proses pembakaran mesin.

Jika oli motor Anda telah berubah menjadi hitam pekat atau kecoklatan, ini menunjukkan bahwa oli sudah kotor dan perlu diganti.

BACA JUGA:Jadwal Presentasi Tim MotoGP™ 2024, Catat Tanggalnya!

Selain perubahan warna, perhatikan juga konsistensi oli. Oli motor yang baik memiliki konsistensi yang halus dan licin.

Namun, jika Anda merasakan adanya butiran kasar atau endapan saat menggenggam oli di antara jari-jari Anda, ini menandakan bahwa oli sudah terlalu kotor dan harus segera diganti.

Oli yang terkontaminasi dengan partikel-partikel ini dapat menyebabkan gesekan berlebihan dan kerusakan pada bagian-bagian mesin.

Selain tanda-tanda visual, ada juga beberapa indikator lain yang dapat membantu Anda mengetahui kapan oli motor perlu diganti. Salah satunya adalah melalui penggunaan kilometer atau jam operasi.

Setiap kendaraan memiliki rekomendasi pabrik mengenai interval penggantian oli. Biasanya, interval ini berkisar antara 3.000 hingga 5.000 kilometer atau 1 hingga 3 bulan tergantung pada kondisi penggunaan.

Jika Anda telah melewati batas waktu atau jarak tempuh yang direkomendasikan, sebaiknya segera lakukan pergantian oli.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: