Mandalika Masuk ke 5 Besar Sirkuit dengan Tingkat Kecelakaan Tertinggi, Kok Bisa?

Mandalika Masuk ke 5 Besar Sirkuit dengan Tingkat Kecelakaan Tertinggi, Kok Bisa?

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Musim 2023 MotoGP telah usai dengan resmi.

Francesco Bagnaia berhasil menorehkan gelar juara dunia untuk yang kedua kalinya, sementara Jorge Martin menduduki peringkat runner up dan Marco Bezzecchi berada di posisi ketiga. 

Selama berlangsungnya satu musim, terdapat begitu banyak kecelakaan yang terjadi dalam setiap seri.

BACA JUGA:Curhatan Jorge Martin Pasca MotoGP Musim 2023, Penuh Drama

Secara keseluruhan, baik di MotoGP, Moto2, maupun Moto3, tercatat terjadi sebanyak 1.012 kecelakaan pada tahun ini, yang mengalami penurunan dibandingkan musim lalu sebesar 1.106 insiden.

Khusus di kelas MotoGP, terjadi peningkatan jumlah total kecelakaan menjadi 23 insiden, dari sebelumnya 335 menjadi 358 kecelakaan. 

Menurut informasi yang dikutip dari Crash.net pada hari Senin 4 November 2023, kecelakaan tersebut paling sering terjadi di dua sirkuit, yaitu Buddh International Circuit di India, dan Le Mans di Perancis. 

Kedua sirkuit tersebut mengalami kecelakaan sebanyak 79 kali.

Selanjutnya, Circuit Of The Americas (COTA/America) mencatat angka kecelakaan sebanyak 69 kali, diikuti oleh Sepang International Circuit di Malaysia dengan 65 kecelakaan. 

Mandalika International Circuit di Indonesia juga termasuk dalam daftar sirkuit yang mengalami kecelakaan paling sering dalam MotoGP 2023, dengan total kecelakaan sebanyak 60 kali sepanjang musim.

BACA JUGA:Simak Perbedaan Sirkuit Mandalika Lombok dan Sirkuit Formula E Jakarta, Lebih Unggul Mana?

Berikut adalah daftar sirkuit MotoGP yang paling sering terjadi kecelakaan, dengan catatan data yang terhitung hanya mencakup kecelakaan yang terjadi pada sprint race dan balapan utama:

1. Buddh International Circuit - 79 kecelakaan

2. Le Mans - 79 kecelakaan

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: