Motor Kalian Boros Bensin? Ini Solusinya

Motor Kalian Boros Bensin? Ini Solusinya

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Motor merupakan salah satu alat transportasi yang paling populer di Indonesia. Namun, salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pemilik Motor adalah konsumsi bensin yang boros. Jika konsumsi bensin boros, maka biaya harian yang dikeluarkan akan semakin banyak.

Selain berdampak pada pengeluaran, hal ini juga dapat berdampak negatif pada lingkungan karena meningkatkan emisi gas buang.

Oleh karena itu, penting bagi para pengemudi untuk mengetahui cara mengatasi masalah bensin yang boros pada sepeda motor.

BACA JUGA:Cek Emisi Motor Honda anda di AHASS, Dijamin Tidak Kena Tilang Uji Emisi

Faktor Penyebab Masalah Bensin Boros pada Motor

Masalah konsumsi bahan bakar bensin yang lebih boros dibanding biasanya dapat terjadi karena beberapa hal. Berikut ini beberapa faktor penyebab yang paling umum.

• Kebiasaan Berkendara yang Agresif

Salah satu penyebab utama bensin motor menjadi boros adalah kebiasaan mengemudi yang terlalu agresif. Contohnya seperti melakukan akselerasi secara tiba-tiba, pengereman yang terlalu kasar, atau kecepatan yang terlalu tinggi.

Jika melakukan berbagai hal di atas, maka motor harus bekerja lebih keras untuk menjaga performanya. Akibatnya, mesin akan membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk menghasilkan daya yang diperlukan.

BACA JUGA:Simak! 10 Tips Solo Touring Menggunakan Motor, Dijamin Puas

• Tekanan Ban yang Tidak Sesuai

Penyebab bensin boros pada motor yang selanjutnya yaitu akibat tekanan ban yang tidak tepat. Jika permukaan ban terlalu lembek akibat kekurangan tekanan, area kontak antara ban dan jalan akan menjadi lebih besar.

Akibatnya, motor Kalian perlu bekerja lebih keras untuk menggerakkan kendaraan dan mengatasi gesekan yang lebih besar. Sehingga, hal ini akan mengakibatkan peningkatan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Oli yang Kotor

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: