Coba Kenali Fungsi Brush Pada Motor Starter

Coba Kenali Fungsi Brush Pada Motor Starter

Sebaiknya, jika harus memilih, lebih baik brush yang aus daripada komutator, karena harga brush starter motor lebih ekonomis daripada mengganti komutator yang aus.

Apa fungsi carbon brush pada starter motor? Brush pada motor starter ditempatkan di bagian utama motor dengan rangkaian sikat yang berfungsi sebagai penghubung aliran listrik menuju konduktor dinamis melalui konduktor statis. 

Dengan kata lain, brush mengalirkan arus listrik dari terminal 50 ke armature coil. 

Berapa jumlah brush pada starter motor pada umumnya? Terdapat dua jenis brush yang terdapat pada motor starter, brush positif sebanyak 2 buah, dan begitu juga dengan brush negatif yang juga sebanyak 2 buah.

BACA JUGA:Susah Nyala? Inilah Solusi Ampuh untuk Motor Matic yang Susah di Starter

Dampak dari brush yang aus ketika bersentuhan dengan komutator adalah peningkatan tahanan yang menghambat kinerja. Akibatnya, aliran listrik tidak mencapai kondisi maksimal, yang berdampak pada kinerja putaran mesin yang kurang optimal.

Apa penyebab brush pada motor starter sering mengalami keausan? Ada beberapa penyebab utama kenapa Carbon Brush cepat habis:

1. Kualitas bahan yang kurang baik, yang membuat brush cepat panas dan bahkan mudah terbakar akibat gesekan ekstrim.

2. Penggunaan mesin yang berlebihan, dipaksa terlalu lama, dan penggunaan yang tidak tepat juga dapat menyebabkan brush cepat aus.

BACA JUGA:Malas Gunakan Kick Starter Ada Akibat Fatalnya Loh, Jangan Sampai Mesin Jebol!

Dampak Brush yang Aus

Setelah memahami fungsi brush ini, penting juga untuk memahami dampak yang timbul ketika brush mengalami keausan. Hal ini sangat penting untuk mencegah potensi kerusakan. 

Ketika brush aus, hasilnya adalah penggabungannya dengan komutator yang tidak optimal.

Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tahanan yang mengurangi efisiensi penghantaran listrik. Aliran listrik yang tidak mencapai tingkat maksimum dapat mengganggu kinerja putaran mesin, bahkan mungkin membuat mobil kesulitan untuk dinyalakan.

BACA JUGA:Rengkuh Piala Dunia Rugbi GP Thailand, Brad Binder Jadi Tolok Ukur Pebalap Afrika Selatan

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: