Water Purifier Tenaga Surya Buatan Siswa Malang Berhasil Sabet Juara AHM Best Student 2023

Water Purifier Tenaga Surya Buatan Siswa Malang Berhasil Sabet Juara AHM Best Student 2023

BACA JUGA:Pelajari Tips Berikut Kalau Mau Terhindar dari Tilang Uji Emisi

“Terima kasih atas apresiasi yang diberikan untuk karya yang saya kembangkan. AHMBS adalah ajang yang tepat untuk menunjukkan karya-karya inovasi para pelajar,” ujar Raditya.

“Inovasi ini hadir dari kegelisahan terhadap masalah ketersediaan air bersih di wilayah pesisir. Saya ingin mengembangkan lagi di masa mendatang” tambah siswa yang mencoba temuannya untuk masyarakat Pulau Kangean, Sumenep, Jawa Timur.

AHM Best Student 2023 menggandeng para profesional di bidangnya untuk mengkurasi karya terbaik siswa SMA dari seluruh Indonesia. 

BACA JUGA:Viral! Bapak-bapak Tolak Ditilang karena Tak Lolos Uji Emisi, Begini Ceritanya..

Juri berasal dari beragam profesi yakni Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI dan pengajar dari beberapa kampus terbaik di Indonesia yakni Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan PPM School of Management.

Karya pemenang lain juga tak kalah menarik. Pada kategori ide karya dari Gede Indra Apriadi siswa dari SMA Negeri Bali Mandara, Bali berhasil meraih level silver melalui ide inovasi briket ramah lingkungan dengan memanfaatkan limbah siwalan. 

Untuk level bronze diraih oleh siswa dari SMA Negeri 2 Kota Agung, Lampung yakni M. Zuruki melalui ide pembuatan bahan bakar alternative menggunakan bahan Resin Shorea Javanica.

BACA JUGA:257 Kendaraan Bermotor Terjaring Razia Uji Emisi pada 1 November 2023

Pada kategori invensi, pemenang Level silver diraih oleh Kadek Bintang Januarta yang merupakan wakil dari sekolah SMA Negeri Bali Mandara, Bali. 

Dia berhasil mengembangkan Briket Biomassa menggunakan limbah tanaman sorgum. Disusul oleh Fikri Fadurohman dari sekolah SMK Karya Nasional Kuningan, Jawa Barat melalui karya invensi berupa pemanggang biji kopi berteknologi tinggi.

Meet and Greet Inspiratif

Selain beradu kemampuan dalam menghasilkan karya terbaik pada rangkaian kegiatan seleksi final, para peserta juga diajak melihat langsung proses produksi sepeda motor Honda di pabrik AHM. 

Para finalis juga mendapatkan pembekalan soft skill dan mentalitas yang kuat dari inspirator atlet Paralympic M. Fadly, serta berdiskusi sarat inspirasi bersama Executive Vice President Director AHM Thomas Wijaya. 

Selain itu, para peserta berkesempatan untuk mendapatkan edukasi keselamatan berlalu lintas dengan Honda Riding Trainer (HRT) yang diajari langsung oleh Astra Honda License Instructor di AHM Safety Riding & Training Center (SRTC), Deltamas, Bekasi.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: