Referensi Modif: Honda PCX Bergaya Euro Style ala Joshua Purba, Elegan, Berkelas dan Berkarakter

Referensi Modif: Honda PCX Bergaya Euro Style ala Joshua Purba, Elegan, Berkelas dan Berkarakter

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM --- Honda PCX dilahirkan dengan aura yang mengusung kenyamanan, kemewahan, elegansi, dan kelas tinggi.

Hal ini sesuai dengan akronimnya, yaitu Personal Comfort Saloon (PCS). Oleh karena itu, melakukan modifikasi untuk menambah sentuhan elegan pada tampilan Honda PCX akan terasa sangat pas.

Salah satunya adalah kisah Joshua P Purba, yang menggarap PCX kesayangannya dengan konsep Euro Style.

"Konsep motor elegan, lebih ke gaya Eropa. Seperti penggunaan ukuran ban yang lebih besar, dilengkapi dengan mata kucing di bagian depan dan belakang, serta menggunakan warna yang polos," cerita Josh tentang konsep modifikasinya.

BACA JUGA:Disebut si 'Gembung', Ternyata Honda PCX 150 LED Punya Kisah Unik Saat Hadir di Indonesia, Bradsis Perlu Tau, Nih!

BACA JUGA:Pakai Mesin Sama, Tapi Performa Honda Vario 160 Diklaim 'Lebih Unggul' dari Honda PCX 160, Ternyata Rahasianya Ada di Sini Bradsis?

Kaki-Kaki yang Kokoh

Untuk memperkuat tampilan kaki-kaki, dilakukan modifikasi dengan mengganti pelek standar dengan pelek aftermarket yang memiliki spesifikasi lebih lebar.

Pelek berlabel Chemco dengan lebar 2.15 x 14 inci di depan dan 2.50 x 14 inci di belakang dipilih.

Pelek ini diandalkan karena mencari lebar dan model palangnya yang sesuai. Finishing pelek menggunakan pola berlian yang dipoles, sehingga saat dilihat dekat terlihat efek Pelangi yang menawan.

Kemudian sepasang pelek lebar ini dipasangkan dengan ban depan IRC Fasti Pro ukuran 100/80-14 dan ban belakang Bridgestone Battlax BT39 110/80-14. Meskipun mereknya berbeda, keduanya memiliki pola yang mirip sehingga terlihat serasi.

BACA JUGA:5 Tips Panduan Memilih Lampu Motor LED yang Tepat

BACA JUGA:Jangan Sampai TIdak Tahu! Inilah 5 Tips Pintar Memilih Aki Motor

Sistem Pengereman Ditingkatkan

Kaki-kaki kembali diperkuat dengan pemasangan cakram berdiameter 260 mm. Cakram berlabel AMS sebenarnya dirancang untuk Yamaha Aerox 155, sehingga membutuhkan adaptor khusus agar bisa terpasang di PCX 150.

"Cakram ini memiliki desain menarik dan jarang digunakan orang, terutama dengan perlu pembuatan adaptor khusus. Modelnya juga tidak terlalu menonjol," lanjut Josh.

Untuk memaksimalkan pengereman, kaliper Brembo 4 piston dipasang untuk memegang cakram baru.

Namun, diperlukan bracket kaliper tambahan yang kemudian dibuat oleh Agus Bingung. Slang rem Hel dan master rem KTC radial juga dipasang untuk melengkapi sistem pengereman, memberikan kombinasi antara penampilan padat dan performa pengereman yang handal.

BACA JUGA:Terungkapi! Cara Jitu Bikin Ban Motor Awet Selamanya

BACA JUGA:7 Fakta Yamaha XMAX yang Bikin Pecinta Motor Gigit Jari

Bagian Setang yang Disempurnakan

Setang bawaan PCX 150 yang tinggi dan berlapis krom diganti dengan setang milik CB150R yang sedikit lebih pendek dan berwarna hitam elegan.

Tidak hanya itu, berbagai komponen aftermarket juga dipasang di sini.

Quick throttle atau gas spontan dari Domino, sakelar kanan dari Kawasaki Ninja ZX-6R, sakelar kiri dari Kawasaki Versys, hingga raiser setang Kitaco yang jarang dan langka dipasang untuk meningkatkan kenyamanan pengendara.

"Handgrip menggunakan Kawasaki Jepang, sangat nyaman karena lebih empuk. Tabung minyak rem menggunakan Accossato dengan desain sederhana dan warna hitam yang sesuai dengan konsep setang, juga memiliki desain yang menarik," jelas anggota komunitas Matic Ride Indo (MRI) ini.

BACA JUGA:Jangan Sampai Rungkad! Tips Membeli Motor Bekas Tanpa Kecewa!

BACA JUGA:Gak Jadi Seumur Hidup! MK Tetapkan SIM Berlaku 5 Tahun

Nuansa Carbon Fiber yang Mengesankan

Warna hitam pada bodi tetap dipertahankan, sesuai dengan konsep utama motor ini. Sentuhan warna hitam ini dipadukan dengan balutan carbon fiber pada beberapa komponen hasil modifikasi dari Garage Carbon 26.

Misalnya, pada cover spidometer, sepatbor belakang, penutup radiator, saluran udara, kotak filter udara, bodi tengah, dan penutup bensin.

"PCX 150 CBU dengan warna hitam metalik adalah produksi terakhir dan termasuk warna yang jarang, itulah mengapa warna ini dipertahankan," tambahnya.

Lampu utama dengan reflektor besar juga tetap dipertahankan tanpa modifikasi besar, namun LED di dalamnya sudah ditingkatkan hingga 70 watt, memberikan pencahayaan yang lebih terang.

Meskipun dengan reflektor konvensional, penampilannya tetap sangat kontras dengan warna hitam bodi.

"Namun, LED di dalamnya sudah ditingkatkan hingga 70 watt, cukup terang. Pemakaian proyektor mungkin kurang cocok, karena reflektor terlalu datar," tambah pria ramah ini.

BACA JUGA:7 Fakta Menarik tentang Motor Bobber yang Bikin Kamu Jatuh Cinta

BACA JUGA:Lebih dari Sekadar Kendaraan! Inilah 5 Fakta Unik tentang Motor Chopper

Pemeliharaan Simpel pada Mesin

Di area mesin, motor produksi tahun 2017 ini tidak banyak mengalami perubahan besar. Modifikasi hanya terjadi pada area CVT yang diracik oleh Sinthink Garage, serta penggunaan piggyback BlackBox untuk mengatur aliran bahan bakar.

Terlihat simpel, tapi aura elegan, berkelas tetap memancar kuat dari karakter modifikasi Honda PCX milik Joshua ini

Terakhir, knalpot Arrow full system yang cukup langka dengan finishing poles juga dipasang, memberikan kesan keseluruhan yang mengesankan.

Inilah pembaruan dan peningkatan yang diterapkan pada Honda PCX, menciptakan motor yang tidak hanya elegan dan nyaman, tetapi juga menggoda mata bagi para pecinta modifikasi.

Setiap modifikasi memberikan sentuhan khusus yang menunjukkan karakter dan preferensi pemiliknya, menciptakan sebuah karya seni bergerak di jalan raya.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber