Jangan Sampai Lupa Ganti Oli Motor, Ini Akibatnya Kalau Telat!

Jangan Sampai Lupa Ganti Oli Motor, Ini Akibatnya Kalau Telat!

Akibat telat ganti oli motor selanjutnya adalah konsumsi bahan bakar yang semakin meningkat. Kerugian ini tentu akan membuat kantong kamu semakin jebol karena konsumsi BBM di atas normal. 

Walaupun BBM yang digunakan sudah terlalu banyak, namun tidak diimbangi dengan performa kendaraan. Laju kendaraan tidak akan cepat sesuai dengan BBM yang digunakan. 

4.Biaya Perawatan Jauh Lebih Mahal 

Ada begitu banyak komponen yang harus diganti dimulai dari kepala silinder yang sudah melengkung. Selain itu komponen seher dan blok silinder juga akan baret karena jumlah oli dan kualitasnya menurun. 

BACA JUGA:Sedang Naik Daun! Ini Tips Mudah Perawatan Motor Listrik

Kepala silinder adalah komponen yang pertama kali terkena imbas ketika kualitas oli buruk. Kemudian merembet ke bagian noken as dan juga pelatuk. Bayangkan saja berapa biaya yang harus kamu keluarkan untuk mengganti komponen tersebut? 

Meskipun hanya diperbaiki, efeknya hanya sesaat. Kamu pun harus bersiap bolak balik ke bengkel untuk melakukan perbaikan. 

5.Komponen Memiliki Usia Pendek 

Kerusakan komponen tersebut akan terjadi lebih cepat dibandingkan motor yang rutin ganti oli. Padahal komponen tersebut seharusnya bisa digunakan sampai belasan hingga puluhan tahun. 

BACA JUGA:Gokil! Harley-Davidson Jual Motor Ini Cuma Rp 42 Juta!

Kamu harus bersiap dengan akibat telat ganti oli motor ini dalam hitungan beberapa tahun saja. Otomatis waktu kamu untuk bisa berkendara dengan nyaman juga akan berkurang. 

Mau tidak mau kamu harus menyiapkan dana untuk mengganti komponen atau justru menggantinya dengan motor baru. 

Itulah beberapa akibat yang harus kalian terima apabila malas ganti oli.

 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: