Jokowi Puji Pameran PEVS 2024 , Sukses Hadirkan Berbagai Jenis Kendaraan Listrik

Sabtu 04-05-2024,16:30 WIB
Reporter : Ade Rafiuddin
Editor : Ilham

Tak hanya itu, Indonesia juga akan segera memiliki pabrik industri baterai yang akan mulai berproduksi pada bulan depan. 

BACA JUGA:Motor Listrik MAB Belum Dapat Subsidi, Indennya Sampai 5 Bulan!

BACA JUGA:Yamaha Freego 125 Punya Warna Baru, Harga Tetap Mulai Rp 21 Jutaan

“Dan kalau melihat misalnya kaya kendaraan listrik, sepeda motor listrik itu kita punya kapasitas 1,6 juta per tahun. Sekarang baru terisi yang terproduksi di sini baru kurang lebih 100 ribu saja.

Artinya masih ada peluang yang sangat besar sekali. Yang kedua, nanti bulan depan itu ada yang namanya pabrik industri baterai yang sudah mulai berproduksi, jadi kita harapkan ini ekosistem ini segera terbangun,” jelas Jokowi. 

Salah satu booth yang dikunjungi oleh Presiden Jokowi adalah perusahaan listrik milik negara yakin PT PLN (Persero).

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo memberikan penjelasan langsung kepada Presiden Jokowi tentang kesiapan PLN dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

BACA JUGA:Begini Cara Mudah Cek Kampas Rem Lewat Indikator

Hingga saat ini, PLN bersama mitra telah menyediakan 1.370 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), 9.886 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU). 

Kemudian 2.182 Stasiun Penukaran Baterai Listrik Umum (SPBKLU).

Serta melakukan inovasi dengan mengembangkan 2.000 unit SPKLU pada tiang listrik eksisting yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Kami telah menghadirkan aplikasi PLN Mobile yang di dalamnya terdapat platform EV Digital Services (EVDS).

BACA JUGA:Volta Ikut Meriahkan PEVS 2024 Dengan Luncurkan Warna Baru Tipe Mandala

Melalui fitur ini masyarakat dengan mudah bisa mengetahui lokasi charging station yang terdekat, melakukan pemantauan transaksi pembelian listrik, menggunakan layanan Home Charging, layanan test drive hingga membeli kendaraan listrik,” ujar Darmawan.

Kedatangan Presiden Jokowi merupakan salah satu dari sekian banyak kemeriahan yang hadir pada hari keempat pameran PEVS 2024.

Sejak dibuka pada Selasa, 30 April yang lalu. PEVS 2024 terus menunjukan kemeriahannya dengan berbagai program  hiburan dan wawasan mengenai kendaraan listrik. 

Kategori :