Canggih! BMW Patenkan Teknologi Lampu Depan Adaptif Gimbal

Canggih! BMW Patenkan Teknologi Lampu Depan Adaptif Gimbal

Paten Inovasi Teknologi BMW-Rideapart.com-RIDEAPART

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Teknologi motor terus mengalami perkembangan pesat, dan salah satu produsen yang paling aktif dalam berinovasi adalah BMW Motorrad

Setelah sukses memasang lampu laser pada sepeda motor, kini BMW telah mematenkan teknologi lampu depan motor yang stabil. 

Dikutip dari Rideapart pada Kamis, 28 Maret 2024, BMW telah merancang lampu depan yang dapat mati dan menyala secara adaptif sesuai dengan kemiringan motor. 

BACA JUGA:Zero Motorcycles Tampilkan Inovasi Sepeda Motor Listrik, Siap Berikan Penglaman Berkendara yang Menyenangkan!

Ketika motor belok, cahaya yang dipancarkan akan tetap lurus dan tidak akan mengikuti kemiringan motor.

Dengan adanya teknologi ini, lampu depan motor akan tetap stabil dalam tiga axis seperti gimbal saat motor miring ke samping atau ke atas-ke bawah. 

Hal ini memungkinkan cahaya tetap merata meskipun motor melakukan pengereman mendadak atau wheelie. 

Selain itu, lampu depan juga dapat berbelok, sehingga meningkatkan keselamatan pengendara dengan menerangi arah yang dituju oleh motor.

BACA JUGA:Modifikasi Honda Stylo 160, Inovasi SCH Buat Tampilan Motor Makin Keren!

Cara kerja teknologi ini sangat canggih, dimana lampu terhubung dengan inertial measurement unit (IMU) yang biasanya digunakan sebagai sensor untuk sistem asisten motor seperti kendali traksi berdasarkan kemiringan motor, ABS saat cornering, kontrol slide, hingga anti-wheelie. 

Keunikan dari lampu ini adalah kemampuannya untuk dipasangi kamera, sehingga selain membuat cahaya tetap stabil, lampu ini juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengambil gambar dan video yang jelas dan tajam.

Kita tentu menantikan bagaimana hasil paten dari teknologi ini akan diterapkan pada motor produksi. 

Namun, mungkin teknologi ini tidak akan segera diwujudkan karena kemungkinan terlalu canggih dan kemampuannya yang tidak begitu diperlukan.

BACA JUGA:Terang Bener! 5 Inovasi Terbaru Lampu Motor Bikin Malam Jadi Siang

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: