Kenali Tanda-tanda CVT Motor Matic Mulai Rusak dan Butuh Perbaikan

Kenali Tanda-tanda CVT Motor Matic Mulai Rusak dan Butuh Perbaikan

2. Suara atau getaran berisik dari roller

Roller menjadi salah satu komponen dalam CVT yang memiliki peran besar. Perangkat ini digunakan untuk mengatur putaran yang dihasilkan oleh mesin dari kecepatan rendah ke tinggi.

Dalam prakteknya, usia pakai komponen roller ini hanya setelah digunakan berkendara menempuh jarak 20.000-24.000 km. Biasanya, setelah melebihi jarak total jarak yang ditempuh tersebut, roller akan mulai aus bahkan hingga peyang. 

BACA JUGA:Lokasi dan Jadwal Samsat Keliling Polda Metro Jaya 31 Agustus 2022

BACA JUGA:Biker Palembang Senang-senang Bareng Kolaborasi Yamaha dan Prostreet

Akibatnya, motor pun akan menimbulkan suara atau getaran yang cukup berisik. Tentu hal tersebut sangat mengganggu para pengguna motor matic.

3. Pulley sudah aus

Kinerja mesin motor yang kurang maksimal juga bisa dipengaruhi oleh komponen pulley atau rumah roller yang bermasalah. Ini biasanya disebabkan ketika motor terlalu sering meimbawa beban berlebih saat berkendara hingga membuat komponen pulley tergerus terlalu sering dan menyebabkannya cepat aus.

4. Tarikan Gas Motor Tidak Stabil

Gejala CVT yang mengalami kerusakan juga bisa dikenali dari tarikan gas motor yang terasa bergetar ataupun seperti tersendat.

BACA JUGA:Beri Beragam Keunggulan, Segini Harga Federal Racing Matic

BACA JUGA:Perangi Oli Palsu, Federal Oil Beri Teknologi QR Code di Federal Racing Matic

Masalah ini terjadi karena CVT motor sudah mulai aus. Bila sudah diberi tambahan pelumas CVT namun masih belum normal, bisa jadi kerusakan ada di bagian mangkuk kopling CVT dan harus diganti.

+++++


Perawatan CVT pada motor matik penting adanya|PT AHM|

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: wahana honda