Wajib Tau! Fungsi, Cara Kerja dan Merawat Fitur TCS di Motor Yamaha, Bisa Selamatkan Nyawa Pengendara?

Wajib Tau! Fungsi, Cara Kerja dan Merawat Fitur TCS di Motor Yamaha, Bisa Selamatkan Nyawa Pengendara?

BACA JUGA:Dengan Aprilia, Maverick Vinales Optimis Bisa Lewati Capaian yang Belum Dilakukan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo

BACA JUGA:Jelang MotoGP Qatar 2022, Jack Miller Mewanti-wanti Dua Pembalap Ducati Ini: Merekan Sangat Kencang!

Perawatan TCS

Mengingat TCS memanfaatkan perangkat speed sensor yang terletak di bagian roda depan dan belakang, maka area kaki-kaki motor harus dibersihkan dari debu dan kotoran yang menempel. Serta berkendara secara hati-hati dan hindari benturan yang dapat merusak perangkat speed sensor.

+++++

Cara mengetahui TCS berfungsi dengan baik:

1. Cek lampu indikator
Jika lampu indikator TCS di layar speedometer terus menyala, maka ada kemungkinan perangkat TCS pada motor mengalami malfungsi atau kerusakan.

2. Mengaktifkan fitur TCS
Aktifkan fitur TCS, kemudian posisikan motor dengan standar tengah (main stand) lalu mainkan putaran gas.

BACA JUGA:Jelang MotoGP Mandalika 2022, Dirjen Perhubungan Darat Siapkan MRLL, Budi Setiyadi: Antisipasi Puluhan Ribu Penonton!

BACA JUGA:Murah! Beli Tiket Nonton MotoGP Mandalika 2022 di Sini, Dapat Promo 35 Persen dari Harga Normal, Khusus GPMania ini!

Jika TCS berfungsi normal, saat pemilik motor memainkan putaran gas maka mesin akan brebet atau tersendat, hal tersebut normal karena ECU mengurangi tenaga mesin sehingga putaran roda belakang berkurang.

Dan jika TCS mengalami kerusakan maka mesin tidak akan brebet atau tersendat saat gas dimainkan.

Jika fitur TCS pada motor mengalami malfungsi dengan beberapa indikasi tersebut, sebaiknya segera dilakukan pengecekan di bengkel resmi terdekat.

 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: yimm