Pemerintah Targetkan Ada 13 Juta Motor Listrik di Indonesia Pada 2030

Pemerintah Targetkan Ada 13 Juta Motor Listrik di Indonesia Pada 2030

Motor Listrik-Ilham-

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Pemerintah menargetkan ada 13 juta unit kendaraan listrik roda dua pada tahun 2030 yang mengaspal di jalan. Untuk itu sejak beberapa waktu lalu beragam insentif digencarkan.

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Dadan Kusdiana dalam keterangan resminya

Dadan berbagi pandangan dalam diskusi panel High-Level Closed-Door Ministerial Discussion bagian dari rangkaian kegiatan IEA's 9th Global Conference On Energy Efficiency (GCEE) di Nairobi, Kenya, Rabu (22/5).

Untuk itu, menurutnya Kementerian ESDM terus mempercepat pembangunan infrastruktur pendukungnya sehingga terbetuk ekosistem kendaraan Listrik.

BACA JUGA:AHM Ajak Masyarakat Mencoba Ekosistem Motor Listrik Honda Lewat Program ESG Mission

BACA JUGA:Sirkuit Cremona Gantikan Mandalika di WSBK 2024, Para Pembalap Mulai Uji Treknya

"Pemerintah Indonesia telah menetapkan target yang ambisius untuk penerapan kendaraan listrik, yang bertujuan untuk memiliki 2 juta unit mobil listrik dan 13 juta unit kendaraan listrik roda dua di jalan pada tahun 2030," ungkap Dadan.

Saat ini, Dadan mengakui masih terdapat kesenjangan harga yang tinggi antara kendaraan listrik dengan kendaraan konvensional. 

Untuk menutup dasparitas harga tersebut, Pemerintah Indonesia memberikan insentif pajak dan subsidi untuk mobil listrik, mobil hibrida, dan sepeda motor listrik.

"Indonesia menyiapkan dana USD455 juta untuk mensubsidi penjualan sepeda motor listrik. Subsidi tersebut mencakup penjualan 800 ribu sepeda motor listrik baru dan konversi 200 ribu sepeda motor bermesin pembakaran," ujar Dadan.

BACA JUGA:POLYTRON Buka Showroom Motor Listrik Ke-2 di Pulau Dewata

BACA JUGA:Diajak Keliling Jakarta, Yamaha Fazzio Tembus 100 Km Per Liter Bensin!

Lebih lanjut Dadan mengatakan, untuk mendukung terbentuk ekositem kendaraan listrik, Pemerintah terus memperbanyak pembangunan stasiun pengisian kendaraan listrik (SPKLU).

Dan diperkirakan pada tahun 2030 mendatang membutuhkan 32.000 unit SPKLU untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya