RESMI! MotoGP dan F1 Dimiliki Oleh Satu Perusahaan Ini

RESMI! MotoGP dan F1 Dimiliki Oleh Satu Perusahaan Ini

F1 dan MotoGP jadi satu kepemilikan-@lewishamilton-X

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Perusahaan hiburan asal Amerika Serikat ini telah mengumumkan rencana ambisius mereka untuk mengambil alih saham Dorna, perusahaan yang telah menguasai MotoGP sejak tahun 1992.

Dalam kesepakatan senilai 4,2 miliar euro, Liberty Media akan mengakuisisi 86 persen saham MotoGP. 

Manajemen MotoGP akan tetap memegang sekitar 14 persen ekuitas dalam bisnis ini.

BACA JUGA:Liberty Media Umumkan Akuisisi Kejuaraan Balap MotoGP

Presiden dan CEO Liberty Media, Greg Maffei, menyambut kedatangan MotoGP ke dalam portofolio olahraga dan hiburan langsung perusahaan.

"MotoGP adalah liga global dengan basis penggemar yang setia dan antusias, balapan yang menawan, dan profil keuangan yang menghasilkan arus kas yang tinggi. Kami sangat bersemangat untuk mengembangkan olahraga ini bagi para penggemar MotoGP, tim, mitra komersial, dan pemegang saham kami." UJar Greg Maffei seperti dikutip dari motorsport pada Kamis, 4 April 2024.

Sementara akuisisi ini diharapkan selesai pada akhir tahun ini, prosesnya akan melibatkan persetujuan dari otoritas persaingan usaha dan hukum investasi asing di berbagai yurisdiksi. 

Meskipun terdapat beberapa kendala yang membuat proses kesepakatan ini berlangsung lebih lama dari yang diharapkan, Liberty Media tetap optimis akan peluang dan potensi MotoGP untuk berkembang.

BACA JUGA:Ini Alasan Jorge Lorenzo Ogah Ikuti Jejak Dani Pedrosa yang Comeback Jadi Wildcard MotoGP 2024

Dalam rencana pengambilalihan ini, Liberty Media juga mencari cara untuk memastikan bahwa transisi kepemilikan berjalan seorganik mungkin. 

Ini termasuk pembagian kepemimpinan dengan pihak manajemen MotoGP yang sudah ada, seperti Carmelo Ezpeleta dan putranya Carlos, yang merupakan sosok kunci dalam Kejuaraan Dunia MotoGP.

Selain itu, Liberty Media juga ingin meniru kesuksesan yang mereka raih setelah mengambilalih Formula 1 pada tahun 2016. 

Dengan pendekatan yang sama, mereka berencana untuk mengimplementasikan perubahan dan inovasi di segala aspek MotoGP. 

Salah satu strategi yang mungkin mereka lakukan adalah dengan mengeksplorasi platform media massa seperti Netflix, yang telah membawa popularitas baru bagi Formula 1 melalui serial dokumenter "Drive to Survive".

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: