Inilah Fungsi Kiprok pada Kelistrikan Motor, Catat Penyebabnya yang Gampang Rusak!

Inilah Fungsi Kiprok pada Kelistrikan Motor, Catat Penyebabnya yang Gampang Rusak!

Fungsi Kiprok pada Kelistrikan Motor-dok suzuki-Istimewa

Sebaiknya Anda sering memeriksa komponen ini agar bisa mengetahui kondisinya. Lalu, apa saja gejala kerusakannya?. Ini daftarnya.

BACA JUGA:Padahal Aki Sudah Baru Tapi Motor Masih Susah Distarter, Kenapa? Inilah Penyebabnya!

Lampu Beberapa Kali Mati

Tanda rusak yang pertama yakni lampu sering mati meskipun sudah diganti dengan yang baru. 

Cirinya bisa Anda lihat saat lampu motor tiba-tiba mati saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi.

Akibatnya, kiprok tidak bisa membatasi tegangan masuk ke bagian lampu.

BACA JUGA:Berbagi Keberkahan Menjelang Ramadhan! Komunitas JMO Nonton Bioskop Bersama Anak Yatim di XXI Pluit Junction

Jika terjadi kondisi tegangan berlebih, lampu motor seketika akan putus. 

Hal yang dapat Anda lakukan jika mengalami kondisi demikian, sebaiknya Anda memeriksa tegangan lampu.

Bandingkan dengan lampu tegangan normal, yakni berkisar 12-14 Volt.

Komponen Aki Tekor

Keadaan aki yang tekor bisa menjadi salah satu ciri rusaknya komponen ini.

Gejala ini bisa Anda kenali saat sebelum motor dijalankan.

Saat komponen kelistrikan ini rusak, input listrik tidak bisa menutup kelistrikan motor secara sempurna.

Berbeda saat dalam kondisi baik, tegangan baterai stabil dalam angka 12 Volt.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: