Ternyata Ini Alasan Mengapa Motor Sebelum Jalan Harus Dipanasin Dulu

Ternyata Ini Alasan Mengapa Motor Sebelum Jalan Harus Dipanasin Dulu

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Motor merupakan salah satu alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat kita. Namun, tidak jarang pengguna motor mengalami kesulitan dalam menyalakan motor saat mesin dalam kondisi dingin. 

Alasan utama kenapa tidak boleh memanasi motor dalam jangka waktu lama baik untuk kendaraan injeksi ataupun karburator karena akan membuang-buang bahan bakar secara percuma.

Pada dasarnya, ketika mesin dalam keadaan hidup, maka ada proses pembakaran bahan bakar yang dilakukan dan apabila memanasi motor dalam jangka waktu lama,

Ternyata, ada beberapa faktor yang berperan dalam sulitnya menyalakan motor pada kondisi tersebut. 

Berikut ini adalah beberapa faktor yang mungkin menyebabkan motor sulit menyala saat mesin dingin :

BACA JUGA:Aturan Baru! Produk Untuk Balap Motor Wajib Registrasi ke IMI Pusat

1. Kualitas Bahan Bakar dan Kebersihan Karburator

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan kesulitan dalam menyalakan motor adalah kualitas bahan bakar yang digunakan. 

Bahan bakar yang kurang berkualitas atau tercemar dapat membuat mesin sulit menyala. 

Kandungan air atau kotoran dalam bahan bakar dapat merusak karburator dan menghambat aliran bahan bakar ke mesin. 

Karburator yang kotor juga dapat mempengaruhi proses pembakaran dalam mesin. 

Seperti yang disebutkan di atas bahwa baik motor yang masih menggunakan sistem karburator dengan choke atau juga yang sudah menggunakan FI, tetap wajib bagi penggunanya untuk melakukan pemanasan mesin sebelum menggunakannya di pagi hari. 

Hanya saja, ada beda antara motor dengan sistem karburator dan FI dalam hal waktu memanasinya. Motor-motor yang masih menggunakan karburator masih tetap harus dipanasi terlebih dahulu sebelum digunakan setidaknya maksimal 3 menit lamanya, sedangkan motor-motor injeksi harus dipanasi antara 30 detik sampai 1 menit.

Perbedaan tersebut dikarenakan sistem stasioner pada motor-motor injeksi akan berjalan otomatis ketika kendaraan dihidupkan. Ketika mesin sudah hidup, maka oli sudah bersirkulasi dengan baik di mesin. Jadi disarankan untuk tidak memutar gas kencang-kencang saat memanasi motor.

Sedangkan untuk motor yang menggunakan sistem karburator, juga tidak perlu menggeber gas kencang karena hal tersebut hanya sia-sia saja dilakukan.

BACA JUGA:Team Principal Trackhouse Racing Jabat Davide Brivio

Oleh karena itu, penting untuk menggunakan bahan bakar yang berkualitas dan menjaga kebersihan karburator secara teratur.

Sumber: