Cara Membaca Informasi Ban Sepeda Motor yang Benar

Cara Membaca Informasi Ban Sepeda Motor yang Benar

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM -  Ban jadi satu-satunya komponen sepeda motor yang langsung bersentuhan dengan permukaan jalan dan sangat erat kaitannya dengan keamanan dan kenyamanan berkendara.  

Karena itu ban harus mendapat perhatian dan perawatan supaya berkendara jadi aman dan nyaman saat melintasi berbagai kondisi jalan.  

Tak kalah penting, pemilik sepeda motor juga harus memahami spesifikasi ban yang digunakan. Hal ini penting terutama saat akan melakukan penggantian ban dengan yang baru. Karena spesifikasi ban yang terpasang harus sesuai dengan kebutuhan. 

BACA JUGA:Ini Kehebatan Katup Desmodromic, Banyak yang Belum Tahu

Ukuran ban yang terpasang di sepeda motor baru sudah melewati serangkaian penelitian dan pengujian. Jadi, penggantian ban yang tidak sesuai dengan spesifikasi anjuran pabrikan sepeda motor akan memberi pengaruh pada handling, performa sepeda motor dan kinerja ban itu sendiri. 

Selain itu, penggunaan ukuran ban yang tidak sesuai standar juga bisa memengaruhi konsumsi bahan bakar, seperti penggunaan ukuran ban yang lebih lebar dari standar ukuran yang dianjurkan.  

Selain akibat bertambahnya bobot ban, tapakan ban yang menyentuh permukaan jalan jadi lebih lebar sehingga akan meningkatkan daya hambat lebih besar. Hal ini akan memaksa mesin bekerja keras sehingga bisa membuat konsumsi bahan bakar lebih boros.  

Sementara jika mengganti ban dengan ukuran lebih kecil, berpengaruh pada daya cengkram ban ke permukaan jalan, karena tapakan ban yang menempel di aspal jadi lebih sedikit. Hal ini bisa menimbulkan risiko ban slip dan terjatuh.  

BACA JUGA:Federal Oil Kasih Banyak Hadiah Promo 12.12

Dampak lainnya ketika ukuran ban diganti jadi lebih kecil, bisa membuat pengereman tak maksimal akibat daya cengkram ban ke aspal saat menerima gaya dorong motor sewaktu mengerem lebih sedikit. Jadi gunakanlah ban dengan ukuran standar pada saat penggantian ban.  

Perlu diketahui, ada dua jenis kode ban motor yakni metric dan imperial. kode ban motor metric cukup banyak beredar di pasaran. 

Ukuran Lebar 

Jika ban memiliki kode 80/90-14 M/C 41P, artinya angka 80 di depan menunjukkan ukuran lebar ban dalam satuan milimeter (mm), sedangkan angka 90 merupakan kode perbandingan tinggi ban terhadap lebarnya, yang biasa disebut aspect ratio. Bila lebar ban 80 mm, berarti perbandingannya adalah 90% x 80 = 72 mm.  

Jenis Ban 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: