Sebelum Berkendara, Periksalah Kondisi Bagian Sepeda Motor Ini

Sebelum Berkendara, Periksalah Kondisi Bagian Sepeda Motor Ini

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Penting untuk melakukan pemeriksaan sepeda motor sebelum berkendara demi kenyamanan, keamanan dan keselamatan berkendara.  

Dengan melakukan pemeriksaan sepeda motor sebelum bekendara, akan membantu meminimalisir potensi terjadinya masalah di tengah perjalanan. Misalnya kehabisan bensin, lampu utama mati, atau mungkin ban kempis.  

Karena itu lakukanlah pemeriksaan sepeda motor pada bagian-bagian berikut sebelum berkendara :

1. Persediaan bahan bakar 

Pastikan bahan bakar cukup untuk digunakan sesuai jarak perjalanan yang akan ditempuh dengan sepeda motor. Isilah tangki bahan bakar bila diperlukan atau ketika bahan bakar dirasa tidak mencukupi.

2. Gas tangan 

Periksa kelancaran selongsong gas untuk memastikan pembukaan dan penutupan penuh tidak terhambat atau seret. Ingat, lakukan pemeriksaan tersebut saat mesin dalam keadaan off atau mati. 

Pastikan kehalusan perputaran gas tangan dari posisi tertutup penuh sampai posisi terbuka penuh pada semua posisi kemudi berjalan halus. Pastikan pula jarak main bebas gas tangan sudah benar.  

BACA JUGA:Riding Season, Persiapan Berkendara hingga Antar Negara

Jika gas tangan tidak dapat diputar dengan lancar, periksa kondisi kabel gas. Bila perlu, bawalah ke bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan secara menyeluruh dan perbaikan dengan tepat.

3. Tinggi permukaan oli mesin 

Oli mesin berada pada posisi yang tak bisa dilihat langsung oleh mata. Karena itu, sebelum berkendara ada baiknya lakukan pengecekan tinggi permukaan oli mesin, apakah masih dalam kondisi penuh atau berkurang. 

•Berikut langkah untuk melakukan pemeriksaan oli:

•Dirikan sepeda motor dengan standar tengah pada permukaan tanah yang keras dan rata.

Sumber: