4 Tips Berhemat BBM dengan ECO Riding

4 Tips Berhemat BBM dengan ECO Riding

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) serta meningkatnya kebutuhan hidup sehari-hari, pengendara sepeda motor dituntut untuk bisa melakukan penghematan, termasuk upaya penghematan penggunaan BBM pada kendaraan harian.

Teknik berkendara Eco Riding akan membantu upaya pengendara sepeda motor dalam melakukan penghematan bahan bakar.

Dalam penerapannya, banyak manfaat yang didapat oleh pengendara sepeda motor. Selain mampu menekan angka konsumsi bahan bakar, juga berpengaruh pada pelestarian lingkungan hidup.

Eco Riding merupakan cara berkendara yang bertujuan untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar secara efisien.

Penerapan teknik Eco Riding juga berkontribusi pada pengurangan emisi gas buang (CO2) dimana selama ini kendaraan bermotor jadi salah satu penyumbang emisi karbon terbesar.

BACA JUGA:Wow! Ini Dia Tips Beli Motor Matic Second, Seperti Beli Baru

Menariknya, teknik ini menggabungkan aspek keahlian berkendara yang wajib dikuasai oleh pengendara sepeda motor yaitu Defensive Riding yang bertujuan untuk menyelamatkan nyawa, waktu dan uang, serta Safety Riding yang mengutamakan teknik berkendara aman dan selalu berfikir jauh ke depan terhadap segala kemungkinan yang ada.

Kini, pengendara sepeda motor akan sangat dimudahkan untuk melakukan penghematan bbm dengan menerapkan teknik Eco Riding karena adanya fitur Eco Riding Indicator pada panel meter.

Memanfaatkan Fitur Eco Indicator

- Putarlah slongsong gas secara perlahan saat akan memulai perjalanan. Memulai perjalanan dengan akselerasi tinggi dengan memutar gas secara tiba-tiba hanya akan membuat konsumsi bahan bakar berlebih.

- Jaga putaran mesin pada rpm optimal dan jangan bebani mesin sepeda motor bekerja pada rpm tinggi sehingga pemakaian bbm jadi lebih optimal.

BACA JUGA:Inilah 7 Hal yang Dapat Membuat BBM Bradsis Menjadi Lebih Irit

- Bekendaralah dengan kecepatan konstan. Perhatikan nyala lampu eco riding indicator untuk menemukan kecepatan dan putaran mesin ideal sehingga konsumsi bbm jadi lebih efisien.

Jika lampu menyala semakin terang maka pemakaian BBM semakin irit.

Sumber: