Inilah Manfaat Rutin Ganti Oli untuk Jaga Kondisi Sepeda Motor, Bradsis Tidak Akan Rugi!

Inilah Manfaat Rutin Ganti Oli untuk Jaga Kondisi Sepeda Motor, Bradsis Tidak Akan Rugi!

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Sebagai pemilik sepeda motor, tentu konsumen menginginkan kendaraannya selalu dalam kondisi prima agar dapat menunjang kebutuhan mobilitas sehari-hari dengan lancar.

Selain itu, kondisi motor yang baik dan layak jalan juga menjadi keharusan, karena merupakan salah satu faktor kunci dalam meminimalisir terjadinya resiko kecelakaan.

Oleh sebab itu, rutin melakukan perawatan sepeda motor sesuai buku petunjuk manual servis dinilai penting bagi pemilik kendaraan.

BACA JUGA:Waspada Aquaplaning Saat Berkendara, Intip Tips dari Wahana Honda untuk Bradsis

Dan salah satu bentuk perawatan rutin yang dianjurkan tersebut, adalah penggantian oli mesin dalam periode dan interval jarak kilometer tertentu.

Mengapa penggantian oli mesin itu harus dilakukan

Alasannya karena oli punya peranan vital dalam merawat serta menjaga kinerja mesin yang menjadi jantung pacu dari sepeda motor.

“Pada beberapa kondisi, masih dijumpai pemilik sepeda motor yang abai dalam melakukan penggantian oli secara rutin sesuai buku petunjuk manual servis yang dikeluarkan oleh pabrikan. Hal ini kemudian berimbas pada performa motor yang menjadi tidak optimal sehingga menggangu kenyamanan mereka pada saat berkendara. Berkaca dari kondisi tersebut, maka Yamaha merasa perlu membagikan informasi perihal manfaat dari penggantian oli secara rutin, agar pengguna sepeda motor dapat lebih teredukasi dan bijak dalam merawat kendaraannya,” ungkap Agung Budi Raharja, General Manager Part Operation Division, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

BACA JUGA:4 Pembalap Dunia di MXGP dan WSBK Menyapa Penggemar Indonesia Bersama Motul

Berikut adalah beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh pengguna sepeda motor manakala rutin melakukan penggantian oli mesin.

1. Suhu Mesin Terjaga & Performa Motor Menjadi Optimal

Salah satu manfaat rutin mengganti oli adalah suhu mesin yang terus terjaga.

Pasalnya, oli memiliki fungsi untuk melumasi berbagai komponen di dalam mesin guna meminimalisir suhu panas berlebih akibat gaya gesek saat mesin sedang bekerja.

BACA JUGA:Motor Matic Naked BeAT Street Vs Nex II Crossover, Lebih Unggul Mana?

Sumber: