Waspada Aquaplaning Saat Berkendara, Intip Tips dari Wahana Honda untuk Bradsis

Waspada Aquaplaning Saat Berkendara, Intip Tips dari Wahana Honda untuk Bradsis

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Bagi sebagian besar pengendara sepeda motor Aquaplaning merupakan bahaya yang selalu menghantui, apalagi saat hujan sudah mulai mengguyur di sebagian besar wilayah di Indonesia.

Aquaplaning sering diartikan sebagai kondisi dimana ban tidak mendapatkan gesekan yang sempurna dengan permukaan jalan yang diakibatkan adanya genangan air yang terlalu besar.

Jika tidak dihindari, tentu bisa mengakibatkan sepeda motor tergelincir hingga dapat menyebabkan kecelakaan yang cukup parah.

BACA JUGA:Pembalap HRC dan Motul Riding Bareng Komunitas di Jakarta

Akan tetapi, aquaplaning sebetulnya sebuah kondisi yang bisa dihindarkan bagi semua pengendara sepeda motor.

Main dealer sepeda motor Honda Jakarta - Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati melalui Safety Riding Promotion berikan tips untuk menghindarinya, supaya selalu bisa #Cari_Aman di jalan raya.

“Insiden yang terjadi di jalan raya tidak bisa diprediksi, salah satunya adalah aquaplaning. Nah, pengendara sepeda motor wajib waspada. Banyak sekali terjadi kecelakaan yang disebabkan oleh hal ini, tidak bisa dianggap sepele dan pengendara harus lebih aware. Perhatikan hal berikut ini supaya pengendara sepeda motor bisa menghindarinya,” ujar Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati.

Hal yang perlu di ingat, kondisi Aquaplaning selalu erat kaitannya dengan kondisi ban dan juga cuaca hujan yang bisa menyebabkan genangan air. Perhatikan 4 hal berikut ini;

BACA JUGA:4 Pembalap Dunia di MXGP dan WSBK Menyapa Penggemar Indonesia Bersama Motul

1. Fokus Berkendara

Ketika berkendara, wajib fokus pada kondisi jalan yang ada di depan. Pandangan pengendara harus tertuju lurus ke depan, jangan berbicara dengan pembonceng, hindari juga penggunaan headset yang bisa menyebabkan pengendara hilang konsentrasi.

2. Lampu Utama Menyala

Pengendara motor sering ‘memaksakan’ jalan ketika kondisi lampu redup atau bahkan tidak menyala, padahal saat berkendara di malam hari lampu utama boleh dibilang menjadi ujung tombaknya untuk memberikan gambaran kondisi jalan.

BACA JUGA:Spion Motor Mulai Kendor? Lakukan 3 Trik Ini Agar Langsung Beres

Sumber: