Optimalkan Campuran Bahan Bakar dan Udara Pada Teknologi PGM FI

Optimalkan Campuran Bahan Bakar dan Udara Pada Teknologi PGM FI

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - PGM-FI yang selalu menyuplai bensin dalam jumlah yang optimal.

PGM-FI adalah perangkat yang memasok bensin dalam jumlah yang tepat sesuai jumlah udara yang masuk oleh mesin dan menyala pada waktu yang tepat.

Untuk meningkatkan pembakaran yang tepat, perlu untuk menyuplai bensin dalam jumlah yang sesuai untuk suplai massa oksigen.

BACA JUGA:Intip Semua Fitur Unggulan Honda PCX Hybrid

Di sisi lain, perangkat konvensional yang disebut karburator memasok bensin dalam jumlah yang sesuai berdasarkan volume udara yang disuplai. Namun, massa oksigen yang terkandung dalam volume udara tertentu berubah tergantung pada suhu dan tekanan atmosfer.

Untuk alasan ini, PGM-FI mendeteksi suhu dan tekanan udara yang dihirup dengan sensor, dan menghitung massa oksigen di udara dengan ECU. ECU adalah Electric Control Unit (komputer kecil dipasang di sepeda motor).

Berdasarkan hal ini, jumlah bensin yang tepat disuplai ke mesin. Akibatnya, massa oksigen yang terkandung dalam udara bervolume tertentu menjadi lebih kecil saat tekanan atmosfer rendah, seperti di dataran tinggi atau cuaca buruk.

Sehingga jumlah bensin yang disuplai berkurang. Ketika tekanan atmosfir tinggi, seperti saat cuaca bagus. Sebaliknya dengan memasok bahan bakar dalam jumlah yang sesuai sesuai dengan keadaan, seperti menambah jumlah bensin. Dimungkinkan untuk menggunakan bensin secara efisien yang bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.

BACA JUGA:Ulang Tahun Komunitas Jakarta Jupiter Club ke 20 Tahun, Makin Erat Persaudaraan Tanpa Batas

Apa itu Honda PGM-FI?

Honda PGM-FI (Programmed Fuel Injection) adalah nama yang diberikan untuk sistem injeksi bahan bakar yang dikontrol secara elektronik untuk semua kendaraan Honda, termasuk F1.

PGM-FI pertama kali diadopsi di dalam mobil oleh Ballade Sport CR-X1.5i pada Juli 1983, diikuti oleh Civic 25i yang dilengkapi mesin yang sama pada September. Faktanya, sepeda motor sedikit lebih cepat, dan turbo CX500 1982 adalah mobil yang dilengkapi PGM-FI pertama di dunia.

Biaya perbaikan PGM-FI

Jarang sekali PGM-FI itu sendiri rusak, tetapi lampu peringatan PGM-FI mungkin akan menyala. Dalam kasus ini, akses PGM-FI dengan penggandeng layanan, dll juga analisis kode kesalahan. Hal seperti ini sangatlah sulit karena tidak ada mesin untuk mendiagnosis jika itu bukan toko sepeda motor.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: