Mengenal Transmisi Kopling Ganda Pada Motor DCT Honda

Mengenal Transmisi Kopling Ganda Pada Motor DCT Honda

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Setelah memasang transmisi kopling ganda (DCT) untuk pertama kalinya di dunia.

Pertama pada sepeda motor pada tahun 2010, Honda terus mengembangkan DCT. Pada tahun 2012, itu dipasang di seri NC700 dan CTX700 untuk memperluas pengguna sepeda motor Honda.

Hal itu dipasang di CRF1000L Africa Twin pada tahun 2016, dan tempat penggunaan telah diperluas. Dan pada tahun 2020, Honda telah berevolusi untuk mewujudkan kontrol yang lebih dekat dengan perasaan pengendara, lebih senyap dan mulus.

BACA JUGA:Deretan Motor Honda yang Menggunakan Rangka eSAF, dituding Gampang Patah!

Apa itu transmisi kopling ganda?

Transmisi Kopling Ganda adalah transmisi yang mengotomatiskan pengoperasian kopling dan perpindahan gigi dengan tetap mempertahankan struktur transmisi manual yang memiliki kelebihan seperti akselerasi dengan perasaan langsung.

Pengendara dapat berkonsentrasi pada pengoperasian throttle dan rem tanpa memerlukan pengoperasian kopling, dan akselerasi atau deselerasi yang mulus sehingga menekan gangguan tenaga penggerak selama pemindahan gigi, yang secara struktural tidak dapat dihindari dengan transmisi manual normal.

Ada dua jenis metode perpindahan gigi: “AT mode”, yang mengotomatiskan operasi shift, dan “MT mode”, dimana pengendara selalu memilih gear favoritnya.

Dalam “mode AT”, selain “mode D” normal, “mode S” yang sesuai untuk mengemudi lebih sporty dapat dipilih.

Selain itu, pemindahan gigi dapat dilakukan kapan saja dengan sakelar pemindah sesuai dengan kondisi berkendara, dan setelah memindahkan gigi, secara otomatis kembali ke mode AT.

CRF1100L Africa Twin dilengkapi dengan 6-axis IMU (Inertial Sensor) yang mendeteksi kecepatan sudut dan akselerasi pitch, roll, dan yaw.

BACA JUGA:Terbuat dari Apakah eSAF, Rangka Motor Honda Beat dan Vario yang Karatan?

Penambahan kontrol deteksi mengemudi saat menikung membawa waktu perpindahan lebih dekat dengan perasaan pengendara, dan pematangan kontrol start dan kontrol shift mewujudkan rasa aman dan langsung.

Mekanisme internal transmisi kopling ganda

Sumber: