4 Kebiasaan Buruk Saat Berkendara yang Wajib Dihindari, Bisa Berbahaya!

4 Kebiasaan Buruk Saat Berkendara yang Wajib Dihindari, Bisa Berbahaya!

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Sebagai pengguna sepeda motor, wajib bagi kita untuk mematuhi seluruh peraturan berkendara agar keselamatan dalam berkendara bisa tercapai, dan berkendara juga lebih aman dan nyaman.

Kebiasaan-kebiasaan berikut mungkin masih bisa kita temukan di jalan saat berkendara yang menyebabkan pengguna jalan lainnya juga ikut dalam bahaya.

Berikut ini kami akan membahas kebiasaan-kebiasaan buruk para pengendara sepeda motor yang harus dihindari, karena kebiasaan buruk berikut masih banyak dilakukan pengendara, atau mungkin malah diri kita sendiri.

BACA JUGA:Gebyar Keselamatan 2023, AHM Tingkatkan Konsistensi Edukasi Berkendara Bersama Korlantas Polri

Dengan mengetahui beberapa kebiasaan buruk ini, Anda sebagai pengguna kendaraan bermotor akan menjadi lebih waspada sehingga keselamatan dalam berkendara akan bisa dicapai dan Anda juga bisa berkendara dengan nyaman.

Berikut ini adalah kebiasaan buruk pengendara bermotor yang wajib kita hindari.

1. Memodifikasi Motor Tidak Sesuai Aturan

Memodifikasi motor memang merupakan hak setiap pengendara sepeda motor, semua orang bebas memodifikasi motor mereka agar terlihat lebih berbeda. Namun, sebelum Anda memodifikasi motor Anda, apakah Anda sudah mengetahui peraturan dalam memodifikasi motor di Indonesia? Jangan sampai Anda memodifikasi motor tidak sesuai aturan.

Dalam memodifikasi motor jangan sampai Anda ubah dimensi, mesin, knalpot, dan sebagainya yang melanggar undang-undang. Modifikasi motor ini akan lebih baik Anda bawa ke acara pameran otomotif untuk diperlihatkan keahlian Anda dalam memodifikasi motor, namun jika untuk dikendarai di jalan, itu sangat dilarang. Untuk itu, hindari kebiasaan buruk ini ya.

2. Tidak Menggunakan Helm

Nah, ini yang paling sering menjadi kebiasaan buruk para pengendara, bahkan dengan hukuman tilang dari polisi, banyak pengendara bermotor yang masih mengulangi kebiasaan buruk tersebut, alasannya karena jarak tempuh dekat jadi tidak usah menggunakan helm. Wah, padahal kita sebagai pengendara bermotor juga harus memperhatikan keselamatan kita, karena menggunakan helm saat berkendara untuk menjaga keselamatan dan keamanan pengendara itu sendiri.

Nah, untuk itu tetaplah menggunakan helm saat berkendara, meskipun jaraknya itu dekat, ingat, Anda memiliki peran dalam keselamatan Anda sendiri.

BACA JUGA:Kompetisi Film Pendek untuk Keselamatan Berkendara dari Yayasan AHM

3. Memaksa Berkendara Dalam Keadaan Yang Tidak Fit

Sumber: