Sistem Idling Pada Motor, Kenali Fungsi dan Cara Kerjanya

Sistem Idling Pada Motor, Kenali Fungsi dan Cara Kerjanya

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Sistem Idling adalah sistem yang dapat mengurangi konsumsi bensin yang tidak perlu dengan mematikan mesin secara otomatis saat kendaraan berhenti di lampu lalu lintas.

Saat restart, cukup operasikan grip throttle seperti sepeda motor pada umumnya, mesin akan hidup secara otomatis dan lancar, dan dapat mulai berjalan.

Setelah mesin dihidupkan, mesin akan terus menggunakan bensin sampai saklar utama dimatikan. Dengan kata lain, ketika motor berhenti di lampu lalu lintas, maka akan menghabiskan bensin yang terbuang percuma.

BACA JUGA:Intip Semua Fitur Unggulan Honda PCX Hybrid

Sistem idling stop secara otomatis menghentikan mesin saat kendaraan berhenti di lampu lalu lintas, dll. Untuk menghilangkan pemborosan bensin.

Jika saat menyalakan sistem idling stop, mesin akan berhenti dan mesin akan hidup lalu mulailah berjalan.

Hal ini menghemat sekitar 7% pada bensin dibandingkan saat sistem idling stop tidak digunakan. (Nilai pengujian internal mode ECE R40).

1. Pengendara dapat naik seperti biasa

Sistem idling stop secara otomatis menghentikan mesin setiap kali kendaraan berhenti. Seperti saat menunggu lampu lalu lintas, cukup dengan menyetel sakelar pemilih mode idling stop ke “IDLING STOP“. Beroperasi saat suhu air mesin 60 ° C atau lebih tinggi). Cukup putar pegangan throttle dan mesin akan langsung menyala.

2. Berhenti diam tipe starter ACG yang dimulai dengan pelan

Honda telah mengembangkan kelas 125cc pertama menurut penelitian Honda. “ACG starter idling stop system” dan memasangnya di “PCX” sehingga dapat digunakan dengan nyaman bahkan di kota di mana mesin sering dihidupkan dan dimatikan.

Sistem berhenti diam starter ACG (Generator AC) menggunakan “ACG” untuk menghasilkan listrik yang diperlukan untuk mengemudi untuk menghidupkan mesin. Karena tidak memiliki gigi reduksi seperti contoh sistem idling stop motor starter konvensional, tidak ada suara berisik saat roda gigi menyatu.

BACA JUGA:Honda Luncurkan Motor Klasik CB350, Desain Retro dan Macho Abis!

3. Mampu menghidupkan mesin dengan tenaga kecil

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: