Auto Ngacir! Seperti Ini Cara Mainkan Kopling di Tanjakan, Pemula Wajib Tahu

Auto Ngacir! Seperti Ini Cara Mainkan Kopling di Tanjakan, Pemula Wajib Tahu

Rem belakang berfungsi untuk menahan motor dari belakang agar tidak bergerak mundur.

Lantas bagaimana caranya saat melewati jalan menurun?

Ketika berhasil melewati tanjakan, tantangan selanjutnya adalah melewati turunan.

Pada turunan, kamu bisa menggunakan gigi 3. Kamu bisa memanfaatkan fitur Engine Brake saat melalui turunan.

Engine brake adalah teknik penegreman yang terjadi karena mesin, transmisi yang bekerja di dalam mesin sepeda motor saat tuas gas dilepas.

Saat kecepatan tinggi, engine brake sangat membantu pengereman.

Begini  step by step cara mengendarai motor kopling di tanjakan saat macet:

1. Turunkan persneling ke gigi rendah karena saat macet maka berkendara dilakukan dengan merayap, hal ini juga bisa diterapkan pada jalanan yang menanjak dan macet.

2. Saat di tanjakan gantung kopling setengah.

3. Pastikan bahwa gas tetap stabil, tujuannya agar mesin tidak mati.

BACA JUGA:5 'Rahasia' Sepeda Motor Masih Jadi Primadona Warga +62

4. Berbeda dengan sepeda motor yang lain, saat ditanjakan maupun jalan biasa jangan menarik tuas kopling penuh.

5. Hal ini untuk mengantisipasi sepeda motor yang justru akan mundur kebelakang, tepatnya ketika tuas ditarik penuh di jalanan tanjakan.

6. Lebih aman untuk menggantung setengah koplingnya saja.

7. Gantung kopling setengah sambil menaiki jalan tanjakan atau di jalanan biasa saat macet bisa dilakukan.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: