Wajib Tahu! Ini Tanda Huruf 'E' di Indikator Bensin Motor

Wajib Tahu! Ini Tanda Huruf 'E' di Indikator Bensin Motor

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Sebagian besar pengguna sepeda motor pasti pernah melihat huruf 'E' yang muncul di indikator bensin mereka.

Pertanyaan yang muncul secara umum adalah, "Apa arti huruf 'E' pada indikator bensin motor?".

Apakah itu berarti bensin sudah habis atau ada pesan khusus yang tersembunyi di baliknya?

BACA JUGA:Intip Sederet Artis Cantik Indonesia yang Lihai Kendarai Motor, Kece Banget!

Menurut laporan dari Total Energies, tanda 'E' pada indikator bensin motor adalah singkatan dari kata "Emergency" yang dalam bahasa Indonesia berarti "darurat" Ketika Anda melihat huruf 'E' muncul di indikator bensin sepeda motor Anda.

Tanda bahwa tangki bensin sudah darurat dan hampir kosong, saatnya untuk mencari stasiun pengisian bahan bakar terdekat untuk mengisi ulang.

Saat indikator bensin menunjukkan E, setidaknya isi dalam tanki bensin motor masih ada sekitar 10 persen dari total kapasitas tanki motor tersebut.

Jarak yang dapat ditempuh sepeda motor ketika indikator bensin menyentuh E bervariasi tergantung pada sepeda motor Anda dan efisiensi bahan bakarnya.

BACA JUGA:Jangan Asal! Begini Caranya Memasang Skotlet yang Benar di Motor

Secara umum, setelah huruf E muncul di indikator bensin, pengendara biasanya masih memiliki jarak tempuh sekitar 15 hingga 20 kilometer sebelum bensin benar-benar habis.

Namun, ini hanya perkiraan kasar, dan jarak tempuh sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada sejumlah faktor, seperti jenis sepeda motor, kecepatan, dan kondisi jalan.

Berkendara saat indikator bensin menunjukkan E bisa menjadi risiko besar. Ketika bensin semakin habis, risiko terjadinya masalah bahan bakar meningkat.

Partikel-partikel kotoran dan kerak dalam tangki bensin dapat terserap ke dalam sistem bahan bakar dan menyumbat filter bahan bakar atau saluran bahan bakar.

BACA JUGA:Tips Menghindari Razia Polisi, Dijamin Pasti Lewat Bro!

Sumber: