Canggih! Ada Alat yang Bisa Ubah Motor Biasa Jadi Motor Listrik di IMOS+ 2023, Intip Kehebatannya di Sini

Canggih! Ada Alat yang Bisa Ubah Motor Biasa Jadi Motor Listrik di IMOS+ 2023, Intip Kehebatannya di Sini

Produk ini memungkinkan terpasang menggunakan baterai namun belum dipastikan jenis baterai apa yang akan digunakan, tergantung dari perusahaan oem yang melakukan kerjasama dengan PT Musashi Auto Parts Indonesia.

"Untuk jenis baterai yang digunakan kami belum dapat memastikan apakah menggunakan jenis baterai swap(tukar baterai) atau plug in(bisa di charge dirumah), itu tergantung perusahaan OEM yang bekerjasama dengan kami,” terang Mr. Tsuyama, pada kami tim MotorExpertz.

Dalam kesempatan yang sama kami juga melakukan wawancara dengan I Gede Arya Guntur Bayu Selaku Head of Sales and Marketing PT Musashi Auto Parts Indonesia mengenai ujicoba yang sudah dilakukan terhadap motor matic.

“Terkait performance test dengan unit konversi, sudah kami lakukan dengan unit Honda Lead (Country-Based Jepang) dimana dengan spesifikasi Motor 2kW dengan Baterai 48V 20aH” ujarnya.

BACA JUGA:GAS! Ada 'Diskon' Sampai Rp7 Juta Beli Motor Listrik di Transmart, Cuma Modal KTP Bro

Sementara, hasil ujicobanya beliau menuturkan, hasil yang bisa memuaskan mulai dari kecepatan maksimal 80km hingga jarak yang di tempuh bisa mencapai 60km hingga baterai habis.

“Maka hasil uji/test yang kami lakukan adalah Max Speed dengan Velg 10" hingga 80km/h, lalu Jarak Tempuh 0-100% Baterai adalah +/- 60km dengan kecepatan konstan 30km/h dan Noise Test sebesar 78dB” Tambahnya.

Selain itu, dalam IMOS+ 2023 Musashi memamerkan produk honda beat dan scoopy yang sudah di konversi menjadi motor listrik, dalam pernyataan beliau produk belum dilakukan ujicoba dan akan dilakukan ujicoba di dirjen perhubungan. Tetapi, beliau yakin performance nya lebih baik dengan peningkatan top speed.

“Sedangkan untuk unit konversi (Vario-Beat-Scoopy) yang kami pamerkan saat ini belum kami uji. Rencana-nya akan after IMOS, akan kami uji di dirjen perhub. Tapi kami yakin, performance-nya akan lebih baik, mengingat Beat/Scoopy menggunakan velg 12 dan Vario 14, terutama top speednya.” Ujarnya.

BACA JUGA:PLN Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik di Pabrik TVS

Selanjutnya, PT Musashi Auto Parts Indonesia akan merilis gen kedua dari produknya yang sebelumnya hanya 48v menjadi 72v pada tahun depan. Diharapkan performa yang didapat meningkat dengan signifikan.

“Per (mulai) Feb 2024 kami akan merilis next generasi untuk 72V, menyesuaikan dengan ekosistem baterai yang akan dibentuk oleh IBC/Indonesia (72V 20Ah). Dan untuk yang 72 V, top speednya akan meningkat hingga 95km/h” tambahnya.

Pada IMOS+ 2023, PT Musashi Auto Parts Indonesia juga menyediakan test ride bagi para pengunjung agar dapat merasakan manfaat yang dimiliki oleh produk mereka. (AAD)

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: